POPULAR STORIES

Kejurnas South Borneo Rally Bakal Suguhkan Lintasan Ekstrem

Kejurnas South Borneo Rally Bakal Suguhkan Lintasan Ekstrem Putaran kedua Kejuaraan Nasional (Kejurnas) eli bertajuk South Borneo Rally

KabarOto.com - Putaran kedua Kejuaraan Nasional (Kejurnas) reli bertajuk 'South Borneo Rally', 4 hingga 6 Agustus 2023 di Tapin, Kalimantan Selatan, bakal menyuguhkan karakter lintasan yang ekstrem.

Beberapa mobil rally modern seperti Skoda Fabia R5, Hyundai i20 R5, Citroen R5, Ford R5 dan Toyota GR Yaris AP4, dipastikan unjuk gigi di tanah Borneo. Kontur bervariatif mulai dari aspal, bebebatuan sampai tanah akan menjadi handicap yang harus ditaklukan oleh para pereli nasional.

Baca Juga: Puluhan Peslalom Muda Ramaikan Putaran Pertama Kejurnas U23

H. M. Prayudha, Ketua Penyelenggara South Borneo Rally 2023 menjelaskan, pada putaran ini, pereli tidak hanya harus mempersiapkan mobil rally dengan sangat baik. Mereka juga turut mempersiapkan fisik untuk menjalani kompetisi semaksimal mungkin.

"Selain mobil, tentu fisik para pereli juga harus dalam keadaan yang prima. Sebab, putaran kedua ini menyuguhkan karakter lintasan yang tidak kalah ekstrem dari wilayah lainnya," jelas dia.

Para pereli akan menempuh jarak 321,15 kilometer, terbagi menjadi 13 Special Stage (SS). Setiap SS, mereka harus mendapatkan waktu sebagai yang tercepat, sebelum nantinya diakumulasi pada akhir balapan, untuk menentukan siapa yang bakalan menjadi jawara di South Borneo Rally 2023.

Adi Wibowo, Wakil Ketua Penyelenggara menuturkan, hadirnya sirkuit baru di Kalimantan Selatan, diharapkan tidak hanya bisa menghapuskan dahaga para pereli nasional, namun bisa memberikan rangsangan kepada generasi baru untuk lebih tertarik dengan ajang rally di Indonesia.

"Kalau kita lihat, dengan adanya sirkuit baru ini menandakan bahwa animo penggemar rally di Indonesia semakin meluas," terang Adi Wibowo. Menuruutnya tidak hanya di Medan, Sumatera Utara, tapi juga Kalimantan Selatan. "Karakter khasnya wajib diwaspadai oleh para pereli," tambahnya.

Baca Juga: All New Toyota Agya GR Sport Debut Di Seri Ke-3 MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023

Melalui South Borneo Rally 2023, diharapkan dapat lebih menarik banyak minat penggemar motorsport untuk bergabung dalam kejuaraan ini. Berikut jadwal perlombaan South Borneo Rally 2023:

Jumat 4 Agustus 2023

- SS1 Super SS Rantau Baru (Kantor Bupati Tapin)

Sabtu, 5 Agustus 2023

- SS2 Rantau Bakula 1

- SS3 Batu Belawang 1

- SS4 Kampil 1

- SS5 Pulau Pinang 1

- SS6 Rantau Bakula 2

- SS7 Batu Belawang 2

- SS8 Kampil 2

Minggu, 6 Agustus 2023

- SS9 Kampil Reverse 1

- SS10 Pulau Pinang 2

- SS11 Kampil Reverse 2

- SS12 Balipat 1

- SS13 Balipat 2