POPULAR STORIES

Kelar Tahun Depan, Simak Progres Jalur Pansela Saat Ini

Kelar Tahun Depan, Simak Progres Jalur Pansela Saat Ini Foto : Kementerian PUPR

KabarOto.com - Penyelesaian Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) atau Pansela di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah – DIY serta Direktorat Jenderal Bina Marga.

Bisa menjadi jalur alternatif yang menghubungkan wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur, beban lalu lintas diharapkan dapat terbagi, sehingga tidak menumpuk di Jalan Tol atau Lintas Pantura.

Baca Juga : Jalur Pansela Makin Mulus, Bisa Jadi Alternatif Buat yang Suka Touring

Asisten Pelaksana Pelaksanaan Jalan Nasional DIY BBPJN Jawa Tengah – DIY Wahyu Widiantoro mengatakan, penyelesaian pembangunan Jalur Pansela diharapkan rampung seluruhnya pada 2024.

“Untuk tahun ini, ada satu paket pembangunan yang sedang berjalan, yaitu pembangunan Jalan Tepus – Jerukwudel II sepanjang 10,925 km. Harapannya pada akhir tahun ini dapat diselesaikan,” ujar Wahyu.

Progress pembangunan Jalan Tepus – Jerukwudel II saat ini telah mencapai 70,75% dengan total nilai kontrak sebesar Rp 269,45 miliar. Sementara pada TA 2023-2024, terdapat dua paket pekerjaan yang saat ini masih dalam proses persiapan, yakni paket pembangunan Jalan Baru Kretek – Girijati sepanjang 5,64 km, dan paket pembangunan Jembatan Pandansimo.

“Paket Pembangunan Jalan Baru Kretek – Girijati sedang dalam persiapan kontrak dengan nilai sebesar Rp 261,61 miliar. Sementara, untuk Jembatan Pandansimo statusnya masih proses persiapan lelang,” terang Wahyu.

Baca Juga : 23 Rest Area dan SPBU Segera Dibangun di Sepanjang Jalur Pansela

Sebagai informasi, jalur Pansela merupakan jaringan jalan yang melintas di pesisir selatan Pulau Jawa, dan membentang dari provinsi Banten hingga Jawa Timur. Adapun ruas Pansela di Provinsi Banten berada di ruas Simpang Labuhan hingga batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 km.

Untuk provinsi Jawa Barat berada di batas provinsi Banten-Sindang Barang hingga Batas provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 km.

Selanjutnya, di provinsi Jawa Tengah dengan ruas Batas Provinsi Jawa Barat – Congot – Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 km. Lalu, Provinsi DIY dengan ruas Karang Nongko – Legundi – Duwet sepanjang 117,13 km. Terakhir, Provinsi Jawa Timur dengan ruas Panggul – Sendangbiru – Jarit - Puger hingga Glenmore sepanjang 627,6 km.