POPULAR STORIES

Kembaran Daihatsu Rocky Diganjar Bintang 5 ASEAN NCAP

Kembaran Daihatsu Rocky Diganjar Bintang 5 ASEAN NCAP

KabarOto.com – Daihatsu Rocky memiliki kembaran, yakni Toyota Raize dan Perodua Ativa. Walau belum ada informasi soal uji tabrak baik Rocky dan Raize, tapi ternyata ASEAN NCAP sudah melakukan tes tabrak untuk Ativa.

Pengetesan dilakukan oleh ASEAN NCAP seperti biasanya, melibatkan bagian depan dan samping mobil, ditambah pengetesan fitur keselamatannya yang sudah tersemat di dalam mobil.

Baca juga: First Drive - Daihatsu Rocky, Mencoba Mengulang Sejarah

Uji tabrak bagian depan, dilakukan pada kecepatan maksimal 60 kpj, pada uji tes ini Ativa mampu melindungi pengemudi dan penumpang depan dengan baik. Airbag dua titik di depan terbuka sempurna mencegah benturan kepala.

Sementara pada sisi samping, ketika mobil ditabrak, airbag pada bagian samping terbuka dengan baik demi melindungi benturan serta pelindung mencegah apabila pecahan kaca mengenai penumpang.

Baca juga: Modifikasi Toyota Raize Pakai Bodykit Noblesse

Selain itu, fitur keselamatan aktif juga turut dicek apakah bekerja baik atau tidak. Misalnya saja sistem rem ABS dan EBD, dimana ada jarak ukur pengereman tertentu, lalu rem otomatis. Adapula fitur blindsport detection demi memberi tahu bahwa ada pengendara lain melindas dari samping.

Alhasil Ativa atau Rocky versi Perodua ini mendapat nilai 37.48 pada penilaian keselamatan penumpang dewasa, lalu 17.36 pada penumpang anak-anak, serta fitur keselamatan mendapat 18.57.