POPULAR STORIES

Kemenhub Bakal Sulap Terminal Tipe A Menjadi Semewah Bandara

Kemenhub Bakal Sulap Terminal Tipe A Menjadi Semewah Bandara Ilustrasi terminal bus (ist)

KabarOto.com - Kementerian Perhubungan berencana untuk melakukan reformasi pelayanan angkutan umum masal, dengan merevitalisasi sejumlah Terminal Bus Tipe A yang ada di Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, melalui upaya peningkatan pelayanan tersebut diharapkan pengguna kendaraan pribadi dapat beralih ke moda angkutan umum khususnya bus.

Baca Juga: Geger, Sopir Bawa Bus Mudik Kedalam Kampungnya

Sebagai langkah awal akan ada 9 kota yang akan menjadi percontohan revitalisasi terminal tipe A yaitu Pekanbaru, Batam, Bandung, Semarang , Medan, Surakarta, Denpasar, Badung, dan Yogyakarta (Terminal Giwangan).

Kemenhub sendiri telah menyediakan anggaran sebesar 2 triliun, untuk merevitalisasi seluruh terminal tipe A di Indonesia dengan anggaran untuk per terminal Rp. 50 miliar.

Terminal Giwangan

Terminal penumpang Tipe A berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar propinsi (AKAP), dan angkutan lintas batas antar negara, angkutan antar kota dalam propinasi (AKDP), angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ADES).

Salah satu terminal yang dalam waktu dekat ini akan direvitalisasi adalah Giwangan di Yogyakarta. "Yogya adalah satu kota tujuan wisata sehingga Terminal bus seperti di Giwangan ini harus di revitalisasi agar orang-orang yang selama ini tidak naik bus akan kembali naik bus," ujar Budi dalam keterangan resminya.

Menhub mengatakan, dengan direvitalisasi nantinya Giwangan akan mempunyai fasilitas dan bangunan layaknya bandara. Terminal tipe A Giwangan nantinya juga akan mengakomodir angkutan untuk ke Bandara NYIA di Kulonprogo.

Revitalisasi dilakukan untuk meningkatkan pelayanan

"Kita membuat angkutan dari Kulonprogo ke Giwangan jadi ada bus khusus nanti kombinasi dengan angkutan kereta api. Angkutan kereta apinya dari Kulonprogo ke Lempuyangan sedangkan busnya dari Kulonprogo-Giwangan," ucap Menhub.

Baca Juga: Selain Ramah Lingkungan, Bus Listrik Hyundai Juga Ramah Disabilitas

Lebih lanjut Budi menjelaskan, bahwa pihaknya tengah menyiapkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengelola terminal bus tipe A, sehingga diharapkan dapat mendesain terminal yang lebih bagus dan semua ruang dapat berfungsi dengan baik.

Sebagai informasi, Terminal Giwangan, Yogyakarta memiliki luas lanah 58.850 meter persegi. Di dalam terminal tersebut ada sekitar 153 perusahaan dengan 200 trayek lintasan. Dengan adanya revitaliasi terminal ini, diharapkan dapat memberikan wajah baru pelayanan Terminal Penumpang Bus yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya.