POPULAR STORIES

Kemenkop UKM: Penjualan Otomotif Membaik, Memberi Dampak Positif Pada Sektor Lain

Kemenkop UKM: Penjualan Otomotif Membaik, Memberi Dampak Positif Pada Sektor Lain Pameran otomotif harus digelar dengan protokol kesehatan yang ketat

KabarOto.com - Setelah beberapa waktu lalu sempat menurun akibat Pandemik Covid-19, kini penjualan otomotif mulai membaik. Tumbuhnya industri ini meningkatkan sektor lainnya. Hal itu dikemukakan Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman.

"Mengingat sektor otomotif melibatkan banyak sektor pendukung, maka membaiknya industri otomotif secara otomatis meningkatkan kinerja industri lainnya," ujar Hanung Harimba Rachman, dalam Road To IIMS Hybrid 2022, yang berlangsung secara virtual, Selasa (22/02).

Baca juga: Tunjukkan Konsistensi Dukung Industri Otomotif, Dyandra Gelar Road To IIMS Hybrid 2022

IIMS Hybrid 2022 (Foto: KO)

Menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), industri otomotif tahun 2021 tumbuh 67 persen. Penjualan mobil mencapai 887.200 unit. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 532.407 unit.

Penyerapan tenaga kerja untuk industri ini juga cukup tinggi, mencapai 1,5 juta. "Ke depan, kita perlu kembangkan model industri bisnis yang melibatkan para pelaku koperasi dan UKM," tambah Hanung Harimba Rachman.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kemenkop UKM, mengapresiasi pameran otomotif, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: PPKM Naik Level 3, IIMS Hybrid 2022 Diundur

Pameran seperti IIMS Hybrid 2022, diharapkan bisa mendukung industri otomotif di Indonesia, supaya bisa tumbuh dengan cepat, tentu ekonomi akan pulih.

"Dan, semoga seluruh UKM yang terlibat dapat tumbuh lebih cepat seiring tumbuhnya ekonomi dan penanganan pandemi COVID-19 yang lebih baik," tutup Hanung Harimba Rachman.

Pelaku industri otomotif juga penyelenggara pameran diharapkan bisa mengakomodir kegiatan off-line dan online, supaya dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas.