PPKM Naik Level 3, IIMS Hybrid 2022 Diundur

PPKM Naik Level 3, IIMS Hybrid 2022 Diundur IIMs HYbrid 2021

KabarOto.com - Dyandra Promosindo memutuskan untuk menggeser jadwal IIMS Hybrid 2022 yang semula rencananya berlangsung pada 17 – 27 Februari 2022, diundur ke tanggal 31 Maret - 10 April 2022. Tanggal tersebut sesuai dengan rencana B Dyandra yang sudah disiapkan bersma pihak JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara.

Sebagai Professional Event Organizer, Dyandra Promosindo tentu mengutamakan kesehatan, keselamatan dan kenyamanan bagi seluruh pihak yang terlibat di pameran IIMS 2022 dengan menggeser tanggal perhelatan IIMS Hybrid 2022 ke tanggal alternatif.

Berikut Pernyataan Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS Hybrid 2022:

Baca juga: Alasan Kemenperin Mendukung IIMS 2022

  • Kondisi PPKM Level 3 DKI Jakarta yang diumumkan, Senin (07/02) oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bahwa peningkatan level PPKM Jabodetabek naik ke level 3.

  • Pemerintah Indonesia telah merilis angka penambahan virus corona (Covid-19). Data terbaru dari BNPB (06/02), jumlah tambahan kasus pasien positif Covid-19 sebanyak 36.057 orang dan tersebar di 34 Provinsi di Indonesia. Berdasarkan data tersebut, DKI Jakarta menduduki peringkat pertama dengan kasus harian tertinggi se-Indonesia, sebanyak 15.825 kasus. Selain itu Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin memperkirakan kenaikan kasus Corona masih akan terjadi dalam dua sampai tiga pekan ke depan.

  • Sebagai langkah antisipasi potensi transmisi Covid-19 terutama varian Omicron, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen yang mulai diterapkan per Januari 2022, harus dihentikan. Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Mendikbud Ristek Nomor 2 Tahun 2022 tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

  • Pada Surat Edaran terbaru ini, tercantum bahwa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dapat dilaksanakan dengan jumlah peserta didik 50 persen dari kapasitas ruang kelas serta penyesuaian durasi belajar maksimal 4 jam pelajaran per hari pada satuan pendidikan yang berada di daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

  • Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup sementara ruas Jalan Sudirman - MH Thamrin dan sejumlah kawasan, seperti Jalan Gunawarman, Senopati-SCBD, serta Kemang, Jakarta, pada pukul 00.00 - 04.00 WIB untuk mengantisipasi meningkatnya kasus Covid-19. Penutupan kawasan tersebut untuk kendaraan pribadi, sedangkan kendaraan petugas, ambulan dan penghuni diperbolehkan memasuki wilayah tersebut.

  • Hal ini berlaku setiap hari, mulai Sabtu (05/02). Selain di Jakarta, Polisi juga menerapkan Crowd Free Night di Tangerang Selatan. Satuan Lalu Lintas Polres Tangerang Selatan menerapkan Crowd Free Night (CFN) untuk mencegah dan mengantisipasi peningkatan kasus positif Covid-19 di Tangerang Selatan mulai pukul 00.00 - 04.00 WIB.

  • Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo merekomendasikan dua alternatif terkait pelaksanaan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi instansi pemerintahan di daerah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi atau Jabodetabek.

  • Rekomendasi pertama yaitu instansi pemerintahan di daerah aglomerasi tersebut dapat bekerja dari rumah hingga Senin besok guna memutus rantai penularan COVID-19 di kalangan pegawai ASN. Rekomendasi kedua yakni mengizinkan pegawai ASN yang masuk kantor hanya 10 persen dari total pegawai di instansi pemerintahan tersebut.

  • Hal ini sejalan dengan SE (Surat Edaran) Menpan RB No. 01/2022 yang mengatur di wilayah PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 2 paling banyak 50 persen. Selain itu Menpan RB Tjahjo mengimbau instansi pemerintahan di Jabodetabek membatasi kunjungan tamu dan rapat secara fisik di kantor.

Baca juga: Ini Merek Mobil Dan Motor Yang Dipastikan Hadir Di IIMS 2022

  • Saran dan masukan dari calon exhibitors juga memiliki concern yang sama terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid - 19. Segala persiapan telah pihak Dyandra Promosindo lakukan semaksimal mungkin. Regulasi protokol kesehatan di IIMS Hybrid 2021 lalu telah dievaluasi dan kembangkan dalam rangka mempertajam

  • Kenyamanan dan keselamatan seluruh pihak di dalam penyelenggaraan pameran IIMS Hybrid 2022.

  • Namun dengan seluruh kebijakan di atas, pihak Dyandra Promosindo akan selalu mematuhi anjuran pemerintah, dan memutuskan untuk menggeser tanggal penyelenggaraan IIMS 2022. Dyandra Promosindo berharap hal ini dapat berkontribusi untuk membantu pencegahan penularan Covid-19 di DKI Jakarta.

  • Dyandra Promosindo mendukung penuh anjuran pemerintah dan siap beradaptasi dengan jadwal yang dianggap kondusif untuk menyelenggarakan pameran. Kami berharap agar ketetapan pemerintah berjalan efektif dan efisien agar sektor Industri, termasuk Otomotif dan Industri pendukungnya dapat berjalan normal kembali.