Kemenperin: Esemka Dibuat Dengan Sistem Part By Part

Kemenperin: Esemka Dibuat dengan Sistem Part by Part Mobil Pikap Esemka di Pabrik Boyolali. (Foto: Kompas.com)

KabarOto.com - Esemka merupakan mobil buatan dalam negeri yang pabriknya ada di Boyolali, Jawa Tengah. Presiden Joko Widodo pekan kemarin meresmikan pabrik milik PT Solo Manukfatur Kreasi (PT SMK). Ada perasaan bangga saat mobil jenis pikap itu selesai dibuat dan diperkenalkan kepada publik.

Di satu sisi masih banyak yang mempertanyakan tentang kualitas dan bahan baku yang digunakan pada mobil Esemka. Putu Juli Ardika, Direktur Imatap, Kementerian Perindustrian menyebutkan, pemerintah terus mendukung investor yang ingin mengembangkan pabrik di Indonesia, salah satunya adalah PT SMK.

Baca Juga: Kemenperin, Gaikindo Dan Industri Komponen Lokal Siap Dukung Esemka

Mengenai desain mobil Putu menjelaskan, jika sampai saat ini masih belum diketahui dari mana desain itu berasal. Namun ia menyebutkan, jika memang Esemka desainnya dari negara lain namun principal seperti SMK bisa beli putus dan berhak mengembangkan dan merubah dengan komponen lain.

Mobil-mobil Pikap Esemka yang sudah selesai diproduksi. (Foto: Bisnis.com)

"Misalkan dari Jerman dan dibeli putus, principal itu bisa mengembangkan dan merubah desain dan pembuatan dengan berbagai komponen seperti Esemka yang sebagian besar menggunakan komponen lokal," terangnya.

Namun saat menjawab pertanyaan wartawan tentang komponennya, Putu menjelaskan jika Esemka dibuat dengan sistem part by part. Jadi part yang digunakan itu dari suplier yang ada di Indonesia, bahkan ada juga yang diimpor dari beberapa negara yang memang di Indonesia tidak ada.

Presiden Jokowi menjajal Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

"Kan tidak semuanya ada di Indonesia, kalau tidak ada impor, tapi tidak besar kok impornya. Intinya kita terus mendukung Esemka ini, dan sudah ada 25 vendor yang siap menyuplai kebutuhan untuk Esemka," jelas Putu kepada Wartawan, di Kawasan Sudirman (11/9).

Putu pun berjanji, akan segera menghadirkan pihak SMK untuk memberikan penjelasan yang lebih detail tentang pembuatan mobil ini. "Nanti akan kita fasilitasi ya untuk media bertemu dengan PT SMK," tambahnya.

Baca Juga: Melihat Lebih Dekat Pabrik Esemka Yang Baru Saja Diresmikan Jokowi

Gaikindo juga mengaku siap menjadikan Esemka sebagai anggotanya. "Kami siap menerima Esemka, karena ini kan pelaku baru di industri otomotif, harus kita dukung. Tapi sekarang belum ya untuk jadi anggota, next mungkin bisa jadi anggota Gaikindo," terang Kukuh Kumara, Sekjen Gaikindo.