POPULAR STORIES

Kemenperin, Gaikindo Dan Industri Komponen Lokal Siap Dukung Esemka

Kemenperin, Gaikindo dan Industri Komponen Lokal Siap Dukung Esemka Mobil pikap Esemka.

KabarOto.com - Kehadiran mobil Esemka yang baru saja diperkenalkan oleh Presiden Jokowi di Boyolali, Jawa Tengah, menjadi perbincangan Nitizen. Banyak yang mengkritik juga memujinya. Apapun bentuknya dan darimana komponennya, sebagai warga Indonesia patut mendukung mobil yang digadang-gadang bakal menjadi kendaraan Nasional ini. Rencananya, mobil berjenis pikap ini akan dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 95 juta.

Baca Juga: Melihat Lebih Dekat Pabrik Esemka Yang Baru Saja Diresmikan Jokowi

Sekjen Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan, Esemka merupakan pemain baru di industri otomotif Indonesia, kehadirannya perlu didukung dan dikembangkan. "Ini ada produk baru yang menawarkan alternatif baru, harus kita dukung semoga berhasil," terang Kukuh di Wisma BNI 46, Jakarta Selatan.

Putu Juli Ardika, direktur Imatap, Kemenperin Esemka dibuat menggunakan part by part, komponen, di mana hampir sebagian besar berasal dari Indonesia. Hanya beberapa bagian saja yang impor. "Sudah ada 25 Vendor siap mendukung Esemka ini, siapapun yang ingin investasi akan memfasilitasi, termasuk Esemka ini, kami akan dukung penuh," terang Putu.

Hamdani Salim, Ketua Gabungan Industri Alat-Alat Mobil menambahkan, dengan adanya Esemka bisnis jadi tambah berkembang, sudah ada anggotanya yang membuat deal dengan Esemka. "Dikasih bisnis masa tidak mau, ya kita dukung, dan sudah ada beberapa anggota yang sudah kontak-kontakan bahkan sudah deal," terangnya.

Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) Rosalina Faried menambahkan, sejak awal 2019 tim Esemka sudah berkunjung ke beberapa pabrik anggota PIKKO.

Baca Juga: Mobil Esemka Kok Mirip SWM/Shineray T30

Sementara pada launching Esemka pekan lalu, dia mengatakan sudah ada 12 anggotanya yang siap mendukung Esemka."Sudah ada tim Esemka yang datang ke pabrik anggota, dan kami siap mendukung Esemka sebagai principal baru di Indonesia ini, kami support," jelasnya.