POPULAR STORIES

Kemenperin Resmikan Material Center Komponen Otomotif Di Tegal

Kemenperin Resmikan Material Center Komponen Otomotif di Tegal Untuk mendukung indsutri otomotif dalam negeri (KO/Edo)

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) bersama Dinas Perindustrian Kabupaten Tegal, menginisiasi pembentukan Material Center untuk industri kecil dan menengah (IKM), sektor logam dan komponen alat angkut di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Inisiatif kerja sama ini, dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan bahan baku yang berkelanjutan dan berkualitas untuk sektor otomotif. "Sentra IKM logam sebagai bagian dari rantai pasok industri nasional perlu diperkuat," kata Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati WIbawaningsih.

Baca Juga: Deretan Mobil Dengan Nama Hewan Di Indonesia (Bagian 1)

Lebih lanjut Gati menjelaskan, partisipasi pelaku IKM dalam rantai pasok industri otomotif nasional menjadi bagian penting dalam perkembangan ekonomi di Indonesia.

Peresmian Material center di Tegal

Mereka juga diharapkan tidak hanya sekadar mampu dalam memproduksi berbagai komponen, maupun aksesoris mobil dan motor dengan standar kualitas yang telah ditetapkan oleh Agen Pemegang Merek (APM), tetapi juga telah membuktikan kemampuannya dalam berinovasi dan melakukan berbagai pengembangan produk komponen sesuai selera pasar saat ini.

"Sebagai salah satu sektor yang diprioritaskan, industri otomotif terus didorong agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar pada perekonomian nasional, terutama dari sisi ekspor. Pada tahun 2025, industri otomotif nasional ditargetkan dapat mengekspor satu juta unit mobil dengan porsi 20 persen di antaranya adalah mobil listrik," paparnya.

Ilustrasi komponen otomotif

Maka itu, dalam kurun waktu enam tahun ke depan, ekosistem rantai pasok industri otomotif nasional harus terus berjalan dengan baik. Hal ini membutuhkan kolaborasi, kerja sama dan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan.

Saat ini, sentra produksi IKM logam di Indonesia sebagian besar tersebar di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur dengan total IKM komponen otomotif sebanyak 450 unit usaha.

Baca Juga: Mengulas Sekilas Sejarah BMW Motorsports

"Kami ingin pembentukan Material Center ini, menjadi penanda semangat untuk terus mendukung sektor IKM agar mampu memegang peranan penting, dalam pengembangan daya saing industri nasional, sehingga mampu kompetitif sampai kancah global," jelas Gati.

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah sangat menyambut baik adanya program pembangunan pusat bahan baku tersebut. "Sebab, semuanya sudah difasilitasi, dari pasokan hingga pemasarannya. Dari Material Center ini, IKM-IKM di Tegal akan terhubung dengan perusahaan-perusahaan besar, utamanya yang bergerak di bidang otomotif," paparnya.