POPULAR STORIES

Kementrian PUPR Dan BI Sepakat Bayar Tol Nontunai Berlaku Oktober 2017

Kementrian PUPR dan BI Sepakat Bayar Tol Nontunai Berlaku Oktober 2017 Oktober 2017 Gerbang Tol akan diberlakukan pembayaran nontunai.

Kabaroto.com - Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekerjasama dengan Bank Indonesia dalam meningkatkan elektronifikasi di jalan tol atau pembayaran tol dengan cara nontunai. Menurut rencana pembayaran tol nontunai atau elektronifikasi seluruh jalan tol akan berlaku pada bulan oktober 2017.

Elektronifikasi ini dibuat untuk menciptakan layanan non tunai yang aman, cepat dan efisien sehingga memberi nilai tambah bagi masyarakat dan operator jalan tol. Elektronifikasi jalan tol di Indonesia sangat penting karena perkembangan jalan tol yang menerpakna Multui Lane Free Flow (MLFF) yaitu proses pembayaran tol tanpa henti atau pengguna tol tidak harus mengnentikan kendaraannya di gerbang tol.

MLFF itu didahului dengan mewujudkan perilaku pengguna jalan tol yang sudah terbiasa dengan pembayaran non tunai menjadi pengguna tol yang menggunakan kartu elektronik dan dilsosialisasikan secara nasional. Infrastruktur pembayaran nontunai juga akan ditambah.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Kementrian PUPR dan BI menyusun strategi untuk mengembangkan elektronifikasi jalan tol melalui empat tahapan. Yang pertama adalah tahap elektronifikasi seluruh jalan tol pada oktober 2017.

Yang kedua adalah tahap integritasi sistem ruas jalan tol, dan ketiga tahap integrasi ruas jalan tol serta pembentukan Konsorsium Electronic Toll Collection (ETC) dan yang keempat MLFF Di seluruh gerbang tol. Strategi ini telah diturunkan dalam bentuk action plan.