POPULAR STORIES

Kenalan Dengan Yadea, Pabrikan Motor Listrik Tiongkok Pendatang Baru Di IIMS 2023

Kenalan dengan Yadea, Pabrikan Motor Listrik Tiongkok Pendatang Baru di IIMS 2023 Skutik listrik Yadea G5 (Foto: Yadea)

KabarOto.com - Pabrikan motor listrik asal Tiongkok, Yadea akan jadi pendatang baru di Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2023. Di mana, merek ini akan berada di bawah naungan Indomobil Group.

Sebagai informasi, Yadea telah memiliki jajaran motor listrik mulai dari motor sport, skuter matik, sepeda listrik, motor listrik niaga, dan otoped. Salah satu produk unggulannya adalah Yadea G5 yang bekerja sama dengan desainer asal Swedia, Beckers.

Motor listrik ini ditawarkan dalam dua varian, yakni G5 dan G5 Pro, perbedaannya adalah motor peggerak dan kapasitas baterai.

Yadea G5 standar dibekali motor listrik 2.300 Watt dan baterai Lithium berkapasitas 60 V 32 Ah yang dapat melaju dengan kecepatan tertinggi 45 kpj. Pengisian penuh dapat menempuh jarak hingga 60 km.

Baca juga: Verge TS Jadi Revolusi Sepeda Motor Listrik Dunia

Yadea G5 memiliki spidometer digital 7 inci

Sementara itu, Yadea G5 Pro menggunakan motor listrik 3.100 Watt dan dua baterai yang masing-masing berkapasitas 60 V 32 Ah. Motor ini dapat melaju hingga 60 kpj dan menempuh jarak hingga 130 km.

Secara umum, Yadea G5 memiliki spidometer digital 7 inci yang memberikan informasi tentang baterai, kecepatan, dan odometer. Menariknya, baterainya dapat bertahan pada kondisi suhu -20 derajat celcius sampai 55 derajat celcius.

Baterai ini juga dilengkapi teknologi pengamanan seperti tegangan arus pendek dan memutus aliran listrik secara otomatis. Dari sisi keamanan, motor ini dilengkapi dengan sistem pengereman cakram pada bagian depan dan belakang dengan ABS (Anti-lock Braking System). Sasis besi diklaim sudah melakukan 1 juta kali tes getaran untuk memastikan rangka tidak berubah bentuk.

Baca juga: Intip Spesifikasi Motor Listrik Gesits, Kendaraan Patroli Ditlantas Polda Metro Jaya

Modelnya simple tapi modern

Yadea G5 dilengkapi kunci RFID pintar dengan perlindungan anti-pencurian. Ada juga sistem keamanan anti-pencurian berbasis GPS yang bisa dilacak melalui smartphone.

Pemilik Yadea G5 dapat terhubung melalui smartphone dengan aplikasi yang menyediakan akses, termasuk navigasi dan diagnostik mandiri yang menyediakan foto 3D dan jika ada masalah pada motor listrik ini, aplikasi menyediakan rekomendasi bengkel terdekat.

Meskipun belum ada informasi lebih lanjut untuk pasar Indonesia, namun Yadea G5 dan G5 Pro kabarnya dibanderol sekitar Rp 43 jutaan. Motor listrik ini juga sudah dipasarkan di Eropa dan Amerika Serikat.