POPULAR STORIES

Kenalan Dengan Yamaha YA-1, Motor Pertama Pabrikan Asal Iwata

Kenalan dengan Yamaha YA-1, Motor Pertama Pabrikan Asal Iwata Yamaha YA-1 (Foto: Yamaha Global)

KabarOto.com - Yamaha lahir sebagai produsen sepeda motor pada 1955. Di mana, pabrikan asal Iwata ini meluncurkan Yamaha YA-1 yang merupakan sepeda motor pertamanya dan dipasarkan di Jepang.

Diketahui, pada awalnya Yamaha merupakan produsen alat musik seperti organ buluh dan piano sejak 1887, dengan menggunakan nama Nippon Gakki Co. Ltd.

Singkat cerita, pemimpin Yamaha saat itu, Genichi Kawakami yang mengambil alih Nippon Gakki Co. Ltd dari sang pendiri Torakusu Yamaha pada tahun 1950 setelah Perang Dunia II, meluncurkan sepeda motor Yamaha YA-1.

Baca Juga: Yamaha Grand Filano dan Fazzio Hybrid Dibalut Warna Baru, Harganya Rp 20 Jutaan

Yamaha YA-1 disebut sebagai capung merah

Desain Yamaha YA-1

Melihat pasar sepeda motor yang menjanjikan, Kawakami memisahkan divisi sepeda motornya di bawah naungan Yamaha Motor Corporation, sedangkan untuk divisi alat musiknya berada di bawah bendera Yamaha Corporation.

Yamaha YA-1 sendiri menjadi sepeda motor pertama yang menggunakan mekanisme start primer. Desainnya sederhana, eksteriornya disebut-sebut mirip dengan motor Jerman, seperti DKW RT125.

Warnanya yang merah marun dipadukan dengan krem di sisi samping tangki, dinilai penggemar motor di Jepang sebagai Aka-tombo alias 'capung merah'.

Baca Juga: Yamaha Cygnus Gryphus Meluncur, Dibanderol Rp 39 Jutaan

Warna krem di sisi samping tangki bensin

Spesifikasi Yamaha YA-1

Soal performa, Yamaha YA-1 mengandalkan mesin 2-tak, satu silinder berkapasitas 125 cc yang mampu menghasilkan tenaga 5,5 dk dan torsi 9,4 Nm.

Tak berselang lama diluncurkan, Yamaha YA-1 diturunkan pada ajang balap Mt. Fuji Ascent Race pada 10 Juli 1955. Dengan strategi yang tepat, motor ini menarik perhatian masyarakat di Jepang.

Buktinya, Yamaha YA-1 yang diproduksi selama 3 tahun (1955-1958) terjual sebanyak 11.000 unit.

Berita Terkait

Berita Terkait