POPULAR STORIES

Kenali Beragam Tali Pengunci Helm Demi Keamanan Saat Mengendarai Motor

Kenali Beragam Tali Pengunci Helm Demi Keamanan Saat Mengendarai Motor Pengunci helm harus disesuaikan dengan kebutuhan berkendara (Foto: DAM)

KabarOto.com - Helm merupakan salah satu perlengkapan berkendara yang wajib digunakan saat mengendarai sepeda motor. Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma, bagian utama helm yang harus dikenali adalah pengunci, demi keselamatan saat mengendarai sepeda motor. "Satu lagi yang membuat helm memiliki standar keamanan adalah tali pengikat sekaligus pengunci helm,” terang Ludhy.

Baca Juga: Nolan Dan Shoei Black Market Banyak Beredar Di Indonesia, Ini Kata Distributor Helm

Ada tiga jenis tali atau pengunci helm yang sangat umum digunakan di antaranya:

1. Quick Release

Biasanya tali dan pengunci helm model ini digunakan pada helm-helm open face, tapi helm full face untuk keperluan touring juga ada yang menggunakannya.

Penuncian helm quick realese (Foto: DAM)


Cara melepas dan pasangnya cukup mudah, cukup memasukkan ujung tali yang bentuknya seperti gesper, biasanya terbuat dari besi sampai berbunyi "klik" tanda jika tali helm sudah terkunci dan aman untuk digunakan.

Tali helm ini juga sangat mudah ketika dilepas, cukup menekan tombol atau tuas pada gesper sampai terlepas. Model tali ini sangat tidak cocok untuk digunakan keperluan balapan.

2. Micro Lock

Memiliki ciri khas ujung tali model gesper bergerigi dan ketika dikunci cukup dimasukan ke dalam rumah gespernya. Untuk melepasnya pun cukup mudah hanya dengan menekan tuas saja. Sayangnya material tali dan kunci helm ini sangat sederhana dan biasanya terbuat dari plastik.

Tali dan pengunci helm model ini sangat umum digunakan pada helm-helm standar di Indonesia dengan harga yang murah, dan hanya untuk digunakan berkendara jarak dekat atau sehari-hari saja.

Baca Juga: Helm Nolan Di Indonesia Sudah Bersertifikasi SNI, Begini Cara Mendapatkannya

3. Double D-ring

Saat ini bukan hanya helm mahal atau helm impor saja yang menggunakan model pengunci ini, helm-helm standar baik open face maupun full face juga sudah banyak menggunakannya. Tentu saja karena helm dengan model pengunci ini standar keamanannya yang sudah teruji dan terjamin.

Pengunci double D ring merupakan helm yang paling aman sebab kuat dan kaku saat digunakan. Karena semakin ada tekanan ke arah bawah akan semakin mengikat kencang. Jadi mau pilih helm dengan penguncian yang mana?