POPULAR STORIES

Kenapa Mitsubishi Xpander Bisa Nyaman Sekaligus Stabil? Ini Jawabannya

Kenapa Mitsubishi Xpander Bisa Nyaman Sekaligus Stabil? Ini Jawabannya

KabarOto.com – Selama mencoba Mitsubishi Xpander dalam perjalanan media test drive dari Semarang menuju Solo, KabarOto merasakan langsung, bagaimana keunggulan dari performa suspensi yang terpasang. Enak di jalan tol karena terasa stabil, tapi tetap terasa nyaman di jalan bergelombang, minim body roll berlebih.

Ternyata, jawabannya adalah racikan di suspensi. Walau sistem suspensinya masih pakai MacPherson Strut dengan per keong untuk depan, bahkan di belakang masih andalkan torsion beam biasa. Tapi Mitsubishi bisa menyetel jarak main sokbreker lebih maksimal untuk kenyamanan.

Alhasil, ini efektif meredam guncangan berlebih ketika di jalan jelek. Lalu, biasanya kan mobil yang empuk di jalan jelek akan terasa limbung ketika jalan kencang?

Baca Juga: Ini Beberapa Kelebihan Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander pakai ban berukuran 205/55R16, membuatnya terasa lebih stabil

Nah jawabannya beda lagi ketika di kecepatan tinggi. Sebab, Mitsubishi merancang wheel track alias jarak antar-roda kiri dan kanan, lebih lebar untuk ukuran sebuah LMPV. Prinsipnya sama dengan gedung yang bagian bawahnya lebih lebar dan meruncing di atas.

Hasilnya, ini membuat stabilitas Xpander terasa menyenangkan. Plus lagi ban yang digunakan, terutama untuk varian Exceed, Sport dan Ultimate, pakai ukuran 205/55R16. Membuat stabilitas lebih lagi, berkat kombinasi tapak lebar dengan profil ban tipis. Ingat, walau profil ban tidak terlalu tebal, tapi rancang bangun suspensinya telah dibuat untuk mengejar kenyamanan.

Baca Juga: Beberapa Gerai Penyedia barang-barang JDM

Strutbar pada Mitsubishi Xpander menempel di bagian atas sokbreker, ini yang untuk sisi kanan

Lalu ada rahasia lain yang rasanya belum dimiliki oleh kompetitornya, yakni Mitsubishi Xpander telah memiliki strutbar yang terpasang di bagian atas mangkok sokbreker depan. Pasti pernah lihat strutbar dong, yang kerap terpasang di mobil balap atau modifikasi penggemar kecepatan.

Nah, walau bentuknya tak mirip seperti batang melintang itu. Namun cara kerjanya sama saja. Hanya saja, strutbar pada Xpander terlihat seperti besi biasa yang dibaut ke firewall.

Ini strutbar untuk sisi kiri Xpander, namun sesungguhnya antara sisi kiri dan kanan menyambung untuk menambah stabilitas

Bahkan tak hanya komponen saja yang dirancang mumpuni. Mitsubishi juga meng-install teknologi ASC (Active Stability Control). Fitur pintar ini berguna untuk meminimalisir Xpander kesayangan melintir atau keluar jalur saat berkendara.

Enggak penasaran lagi kan soal kemampuan Mitsubishi Xpander…

Berita Terkait

Berita Terkait