Beberapa Gerai Penyedia Barang-barang JDM

Kipli
Kipli 06 Mar 2018 - 16:26
Beberapa Gerai Penyedia Barang-barang JDM
Barang-barang JDM (Foto: Kipli/ Istimewa)

KabarOto.com - Setelah mengetahui sejarah aliran JDM, kini saatnya hunting beberapa gerai penyedia aliran ini. Selain AutohousE, adapun gerai Orido Autoparts & Turbo Solution yang bermarkas di bilangan Kelapa Gading, Jakut dan Liberu Parts di kawasan Kota Modern, Tangerang.

Berhubung Ansor, pemilik AutohousE sendiri sudah lama menggeluti dunia Corolla Twincam serta komunitasnya, ia pun mengaku bahwa barang JDM yang sering laku salah satunya adalah, nose cut Toyota Sprinter yang dibanderol sekitar Rp 4 jutaan.

“Bedanya dengan Twincam ada di ciri head lamp yang cekung dan gril yang dilengkapi logo khas Sprinter di bagian tengah,” papar pemilik Twincam GT merah marun ini.

Baca Juga: Sejarah JDM (Japan Domestic Market) di Indonesia

Lain halnya dengan Yudhis, pemilik gerai Orido Autoparts & Turbo Solution yang lebih banyak menjual JDM parts untuk Toyota Starlet.

"Gue cenderung banyak yang beli strut bar OEM-nya Starlet GT dan mesin 4E-FTE yang sudah dilengkapi turbocharger, tapi akhir-akhir ini banyak barang Mitsubishi Galant datang buat yang mau konversi ke model VR-4,” ujar penggila Toyota Starlet ini.

Perbedaanya pun signifikan, banyak fitur seperti mesin yang sudah menggunakan twin-turbo pada mesin 6A13TT milik VR-4, dibanding naturally aspirated seperti yang diusung oleh Galant lokal.

Baca Juga: JDM License Plate Relocator: Tempat Pelat Nomor yang Bukan Sekedar Pajangan

Nah, jika kedua gerai di atas menyediakan JDM Parts untuk Toyota, maka Rama Liberu dari Liberu Parts menyediakan JDM parts untuk konversi EG6, dari basis varian Honda Civic yang populer dengan nama Estilo di Indonesia.

“Biasanya items yang sering dibeli oleh pelanggan ada 3; spion retract harganya Rp 1,5 – 2 juta sepasang, konsol double DIN Rp 3,5 – 4 juta, spoiler belakang Rp 2 – 2,5 juta,” terang ketua Estilo Genio Community Indonesia tersebut.

Pemilik Honda Estilo berkelir merah itu juga menambahkan bahwa tidak hanya estetika saja, namun JDM parts yang ia jabarkan mengedepankan fungsionalitas.

“Contoh spion retract bisa nekuk otomatis dan upgrade spek lokal, spoiler atas punya lampu rem tambahan, karena lampu rem standar Estilo dari posisinya rendah, konsol double DIN juga bisa dipasang TV dan berfungsi sebagai laci karena Estilo minim fitur laci,” imbuhnya.

Editor : ballian