JDM License Plate Relocator: Tempat Pelat Nomor Yang Bukan Sekadar Pajangan

JDM License Plate Relocator: Tempat Pelat Nomor yang Bukan Sekadar Pajangan Plat Nomor JDM (Foto: Kipli/ Istimewa)

KabarOto.com - Banyak modif ala JDM yang menjamur hingga sekarang dan makin banyak peminatnya. Contohnya kayak License Plate Relocator yang biasanya sedang ngetren dan bisa dijumpai dalam opsi warna yang relatif banyak dengan finishing anodized. Sekarang, part itu juga sudah bisa ditemukan dengan material carbon fiber loh.



Ada yang bisa naik-turun dengan engsel, ada juga yang bisa ditekuk-tekuk seperti merek Beatrush Japan yang dibanderol Rp 750 ribu di gerai Orido Autoparts. Terlepas dari pilihan dan mereknya yang beragam, barang tersebut rupanya enggak sekadar jadi pemanis pelat nomor kendaraan, namun juga ada beberapa fungsi lain.

Yudhistira Maranatha punggawa dari Orido Autoparts kawasan Kelapa Gading, Jakut angkat bicara soal barang yang banyak peminatnya ini. “Positifnya pertama buat pemilik mobil jadi mudah bersihin bumper yang biasa ketutup. Soalnya biasa jadi sarang kotoran sih di situ” terang Yudhis, sapaan akrabnya.

Baca Juga : Arti Angka Nomor Polisi pada Kendaraan



Yang kedua, maniak Toyota Starlet itu juga bilang kalau JDM License Plate Relocator juga berfungsi untuk memperlancar suplai udara yang masuk bagi mobil dengan forced induction karena FMIC (frount mount intercooler) tidak lagi terhalang oleh pelat nomor kendaraan, karena posisinya yang bisa diubah-ubah.

“Buat mobil N/A (naturally aspirated) juga fungsinya agar tidak menghalangi suplai udara ke radiator & kondensor AC yang masuk lewat kisi/ lubang bumper,” sambungnya lagi. Wah, fungsional juga ya.



Selain jadi manis, cara pasangnya pun simpel dan enggak nyita banyak waktu. Cukup siapkan 2 pasang baut & mur serta kunci ring 10/12 mm, tergantung ukuran baut. Pemasanganya juga enggak ribet, sama kayak masang pelat nomor standar di mobil masing-masing, bahkan lebih mudah soalnya sudah disiapin lubang-lubang yang bisa ditempatkan sesuka hati.

“Lebih enak lagi sih pakai cover plate juga ya, jadi kita enggak usah repot buat lubangi pelat nomor,” terang Yudhis yang enggan jual barang non-ori JDM.