POPULAR STORIES

Jenis-Jenis Warna Plat Nomor Kendaraan Di Indonesia

Jenis-Jenis Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia Ilustrasi Plat Nomor Kendaraan Listrik. (Foto: Harry/Kabaroto)

KabarOto.com - Plat nomor kendaraan adalah identitas penting bagi setiap kendaraan bermotor. Di Indonesia, jenis plat nomor bukan hanya membedakan kendaraan pribadi dan komersial Sob, tetapi juga dapat menginformasikan peruntukan yang lainnya.

Salah satu cara untuk mengenal plat nomor adalah berdasarkan warnanya. Apa saja?

1. Plat Nomor Hitam

Plat nomor hitam dengan tulisan putih adalah plat nomor yang paling umum ditemui di jalan raya Indonesia. Warna hitam memberikan kontras yang baik sehingga mudah terbaca baik pada siang maupun malam hari.

Warna Plat Nomor Mobil

2. Plat Nomor Kuning

Plat nomor kuning dengan huruf dan angka berwarna hitam umumnya digunakan oleh kendaraan trasnportasi komersial seperti taksi dan kendaraan angkutan umum. Warna kuning yang mencolok membantu identifikasi kendaraan ini dengan mudah, terutama di area perkotaan yang padat.

Baca Juga: Ingin Modifikasi Plat Nomor Asli? Jawabnya di Berkah Motor

3. Plat Nomor Biru

Plat nomor hitam dengan garis biru mungkin masih terbilang baru di Indonesia. Regulasi plat biru digunakan untuk kendaraan listrik. Pemilihan warna ini juga merupakan hasil rekomendasi dari forum Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri selaras dengan program "Langit Biru" yang didukung oleh pemerintah.

warna plat nomor mobil

4. Plat Nomor Putih

Plat nomor putih tulisan hitam dengan kode huruf CD sering digunakan untuk kendaraan badan hukum, kendaraan keperluan khusus, Perwakilan Negara Asing (PNA) dan badan internasional. Angka yang tertera pada plat nomor CD berbeda-beda sesuai negaranya. Warna putih memberikan kesan resmi dan mudah dikenali sebagai kendaraan yang terkait dengan instansi pemerintah atau layanan darurat.

5. Plat Nomor Merah

Plat nomor merah bertuliskan putih biasanya menandakan kendaraan resmi atau dinas diplomatik. Kendaraan dengan plat nomor merah memiliki hak istimewa tertentu di jalan raya dan seringkali tidak terikat oleh aturan lalu lintas yang sama seperti kendaraan sipil pada umumnya.

Baca Juga: Ini Hukumannya Jika Pakai Plat Nomor Modifikasi

6. Plat Nomor Hijau

Banyak orang belum familiar dengan jenis plat nomor hijau dengan tulisan hitam karena penggunaannya terbatas pada kendaraan yang beroperasi di kawasan perdagangan bebas, di mana fasilitas bea masuk tidak berlaku. Jenis pelat ini umumnya ditemukan di pelabuhan-pelabuhan besar di Indonesia, seperti Batam.

Baca Juga: Pria Ini Bayar Rp 26 Miliar Hanya Demi Plat Nomor Langka

Mengetahui jenis-jenis plat nomor kendaraan dapat membantu pengguna jalan untuk mengidentifikasi dan memberikan prioritas kepada kendaraan sesuai dengan kebutuhan dan aturan lalu lintas yang berlaku. Bukan cuma itu Sob, pengetahuan tentang hal ini juga dapat membantu masyarakat umum dalam situasi darurat di jalan raya.