POPULAR STORIES

Kenapa Pembalap F1 Wajib Menimbang Berat Badan Pasca Balapan? Ini Jawabannya

Kenapa Pembalap F1 Wajib Menimbang Berat Badan Pasca Balapan? Ini Jawabannya Dok : F1

KabarOto.com – Walau jarang terlihat di tayangan langsung yang kita lihat di TV, namun pasca balapan segera setelah keluar dari mobil, biasanya para pembalap harus langsung menimbang berat badan. Sebelum akhirnya pembalap diperbolehkan meminum air.

Pembalap menimbang berat badan berikut dengan baju balap lengkap dengan helm dan sepatu balap mereka. Lalu apa tujuan dari menimbang ini? Begini jawaban sederhananya.

Baca juga: Apakah Kokpit Mobil F1 Basah Saat Hujan?

Perlu diketahui bahwa berada di dalam mobil F1 itu cukup panas, bahkan bisa mencapai suhu 40 derajat celsius. Kondisi itu berlangsung hingga 2 jam balapan, belum lagi ditambah pembalap harus menahan tekanan G-Force saat melakukan pengereman atau belokan.

Oleh karena itu setiap kali balapan biasanya pembalap mengalami penurunan berat badan secara drastis, rata-rata 2 kg hingga 4 kg per balapan. Sehingga para staf dari tim mampu mengidentifikasi dan mengetahui tindakan tepat agar pembalap pulih dengan cepat.

Lalu peraturan FIA juga mengharuskan pembalap dan mobil ditimbang setelah balapan. Menurut regulasi FIA, bobot mobil dan pembalap tidak boleh kurang dari 752 kg, tidak termasuk BBM. Serta dari total berat tersebut, 80 kg harus dari pembalap.

Baca juga: Kamera Gyro Inovasi Pengambilan Gambar Baru F1

Apabila pembalap kurang dari 80 kg, maka tim harus menambahkan pemberat di tempat duduk pembalap. Nah setelah balapan FIA akan menimbang apakah mobil tersebut sesuai regulasi atau tidak.

Hal ini cukup mengkhawatirkan jika pembalap mengalami penurunan bobot ekstrem, dan bobot kurang dari berat minimum. Karena pembalap bisa terkena penalti atau bahkan diskualifikasi. Untuk mencegahnya biasanya tim menginstruksi pembalap untuk minum lebih banyak air, terutama di kondisi balapan panas.