POPULAR STORIES

Kendaraan Elektrifikasi Jadi Fokus GIIAS 2022

Kendaraan Elektrifikasi jadi Fokus GIIAS 2022 Mobil konsep yang diperkenalkan di GIIAS 2021 (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Menjelang Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2022 yang digelar pada 11-21 Agustus mendatang, GIIAS Talk mengangkat tema “New Era of Electric Vehicles Experience”.

Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara menyampaikan bahwa, “Kita memiliki pemikiran serta kekhawatiran yang sama mengenai keberlanjutan perubahan tenaga, dalam hal ini bahan bakar. Maka dari itu kita mencari sumber tenaga baru yang bisa digunakan untuk kita semua."

GIIAS 2022 akan menghadirkan informasi dan edukasi tentang kendaraan bermotor berbasis listrik baik dari kendaraan penumpang, komersial, dan juga kendaraan roda dua.

Baca juga: Daihatsu Akan Tampilkan Mobil Baru Di GIIAS 2022

Selain itu, pameran otomotif ini menghadirkan teknologi dan produk terbaru dari total 25 merek kendaraan penumpang dan komersial yang diantaranya akan membawa kendaraan listrik mereka, yaitu Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Mobil baru yang meluncur di GIIAS 2021

Sementara itu, Aries Aditya Putra dari channel Electric Mobility (ELMO) mengatakan bahwa kendaraan listrik memiliki banyak keuntungan, mulai dari konsumsi energi yang lebih murah, pajak kendaraan, bebas emisi serta program ganjil genap dan juga perawatan pada kendaraan listrik yang lebih murah.

Baca juga: MG Bawa Konsep Elektrifikasi Di GIIAS 2022

“Bisa dibayangkan pada mobil listrik yang harganya 800 jutaan, pajak tahunannya hanya sekitar 1,1 jutaan karena masih mendapatkan insentif dari pemerintah. Begitu juga dengan motor listrik, pajaknya hanya sekitar Rp50.000 dalam satu tahun,” tutur Aries.

Selain kendaraan roda empat tersebut, ada lebih dari 100 merek dari industri pendukung juga hadir di GIIAS 2022, dari industri karoseri hadir Adiputro, Laksana, Tentrem, merek-merek ternama roda dua juga berpartisipasi dengan beberapa juga membawa motor listrik pada GIIAS tahun ini; Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Exotic Bike, Gelis, Keeway, Minerva, Pacific Bike, Segway, Selis, SM Motor, SYM, Wmoto.