POPULAR STORIES

Kendaraan Hino Siap Gunakan B30, Tapi Ini Syaratnya!

Kendaraan Hino Siap Gunakan B30, Tapi ini Syaratnya! Ilustrasi kendaraan Hino

KabarOto.com - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku pemegang merek kendaraan komersial Hino di Tanah Air, mengaku siap mendukung program pemerintah dalam penggunaan bahan bakar biodiesel sebesar 30% atau B30.

Hino pun sampai saat ini, telah memasuki tahap akhir pengembangan untuk menyiapkan Retrofit kendaraan Hino yang saat ini beroperasi, atau memiliki produksi VIN di bawah tahun 2020.

Baca Juga: Hino Siap Pertahankan Posisi Sebagai Market Leader Kendaraan Komersial

"Retrovit ini pilihan digunakan untuk kendaraan Hino baik itu mekanikal maupun bermesin common rail yang terdiri dari fuel filter yang lebih besar. Serta sender, tank, piping dan hose yang memiliki material lebih tahan, untuk penggunaan bahan bakar B30," jelas Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

Komponen pendukung bahan bakar B30

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk membantu efisiensi biaya operasional, Hino juga memiliki Strainer yang dijual terpisah dan digunakan sebagai tambahan pada bagian fuel tank. Adapun harga per unit Strainer mencapai Rp 1,7 juta dan dapat dibeli di diler Hino seluruh Indonesia.

"Strainer ini berguna untuk memperpanjang umur pemakaian fuel filter sehingga memberikan keuntungan bagi customer berupa lifetime fuel filter menjadi lebih panjang," kata Santiko.

Ilustrasi cara kerja Strainer

Ia menuturkan, Strainer ini dapat digunakan baik itu untuk kendaraan Hino baru produksi VIN 2020 maupun kendaraan Hino sebelumnya.

Namun ia juga memberi tips dalam penggunaan bahan bakar B30, mengingat sifat 'pencuci' sehingga filter bahan bakar akan lebih cepat diganti.

Baca Juga: Usai Uji Coba 400 Jam, Hino Nyatakan Produknya Siap Dengan B30

"Pertama bersihkan tangki bahan bakar setiap 3 bulan sekali," ujar Santiko. Selanjutnya, Ganti pre fuel filter dan main fuel filter di 10.000 km secara berkala atau sesuai petunjuk buku servis.

Kemudian periksa kandungan air dalam filter sebelum menghidupkan mesin. "Terakhir jika kendaraan tersebut tidak beroperasi lebih dari 3 bulan, pastikan bahan bakar diganti dengan yang baru sebelum beroperasi kembali," pungkas Santiko.