Kendaraan Masa Depan Hyundai Bisa Pantau Detak Jantung Hingga Fungsi Saraf

Kendaraan Masa Depan Hyundai Bisa Pantau Detak Jantung Hingga Fungsi Saraf Hyundai Kona Hybrid (Foto: Carscoop)

KabarOto.com - Hyundai saat ini tengah melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk mengembangkan produknya di masa depan. Salah satunya Hyundai bermitra dengan perusahaan baru asal Israel, MDGo, untuk mengembangkan sistem keselamatan canggih generasi terbaru.

Dilansir dari siaran pers kedua perusahaan tersebut, nantinya sistem analisis cedera cerdas MDGo akan diboyong ke kendaraan Hyundai.

Sistem ini menggunakan algoritma AI yang kompleks, sehingga mampu mengukur atribut yang dikenakan pada penumpang secara real-time. Nah, ketika kecelakaan sudah terjadi, sistem inilah yang akan secara otomatis memberi pemberitahuan atau informasi terkait layanan darurat serta fasilitas medis.

Sistem ini juga yang akan memberi semacam data tentang kemungkinan cedera yang diderita seseorang dalam kecelakaan tersebut.

"MDGo memiliki teknologi analisis AI luar biasa yang dioptimalkan untuk keselamatan pengemudi," ungkap presiden dan kepala inovasi Hyundai, Youngcho Chi.

Baca Juga: Gandeng Aurora, Hyundai Kembangkan Kendaraan Otonom

Sistem perusahaan dari Israel ini bekerja sangat cepat loh, sehingga dalam waktu tujuh detik dari tabrakan yang dicatat, layanan darurat dikirim analisis rinci tentang potensi cedera.

Selain itu, teknologi MDGo terus-menerus mempelajari dan menyempurnakan interpretasinya atas berbagai skenario kecelakaan. Sehingga seiring berjalannya waktu sistem ini akan memberikan informasi atau rincian yang semakin akurat.

"Melalui teknologi ini, kami mengharapkan peningkatan yang signifikan dalam layanan medis darurat kendaraan dalam jangka pendek. Sementara tujuan jangka panjang kami adalah untuk memberikan inovasi dalam pengalaman penumpang, tentang keselamatan kendaraan menggunakan teknologi baru yang memungkinkan pemantauan fisik real-time," tambahnya.

Baca Juga: Selain Ramah Lingkungan, Bus Listrik Hyundai Juga Ramah Disabilitas

Untuk mendapatkan rincian analisis, terdapat berbagai sensor yang tertanam di dalam kendaraan. Kerennya, sensor ini bisa memonitor berbagai hal loh, seperti tekanan darah, detak jantung, dan bahkan berbagai fungsi saraf.

Tapi, sampai saat ini Hyundai belum mengatakan secara gamblang terkait kapan sistem keselamatan seperti yang dikembangkan oleh MDGo akan memasuki pasar. Dan Kemitraan ini merupakan bagian dari visinya tentang 'kebebasan mobilitas' untuk membatasi kecelakaan di kendaraannya, dan dampaknya terhadap pelanggan.