Gandeng Aurora, Hyundai Kembangkan Kendaraan Otonom

Gandeng Aurora, Hyundai Kembangkan Kendaraan Otonom Hyundai Nexo (Foto: Hyundai)

KabarOto.com - Hyundai Motor Group dan Aurora Innovation Inc, pada 13 Juni lalu mengumumkan akan bekerja sama. Kerjasama ini akan dilakukan oleh Hyundai Motor Company dan Kia Motors Corporation berinvestasi di Aurora untuk mempercepat pengembangan teknologi kendaraan otonom.

Pasalnya, pabrikan otomotif dari berbagai belahan dunia tengah mengembangkan kendaraan otonom. Kendaraan ini dianggap cocok untuk digunakan di masa depan yang semakin padat dan sibuk.

Baca Juga: Selain Ramah Lingkungan, Bus Listrik Hyundai Juga Ramah Disabilitas

Langkah ini diambil untuk memperkuat kemitraan strategis. Sebelumnya, Hyundai, Kia, dan Aurora telah berkolaborasi dalam teknologi self-driving pada kendaraan berbahan bakar hidrogen andalan Hyundai yaitu Nexo.

"Aurora adalah inovator terkemuka teknologi self-driving dan kami berharap dapat membangun kemitraan kolaboratif yang lebih kuat dengan mereka," kata Youngcho Chi, Presiden dan Chief Innovation Officer di Hyundai Motor Group.

Dengan adanya investasi baru ini, perusahaan telah sepakat untuk memperluas penelitian ke berbagai model untuk membangun platform yang optimal untuk kendaraan otonom Hyundai dan Kia.

"Bekerja sama dengan para pemimpin industri di seluruh dunia akan membantu kami mengembangkan kendaraan self-driving yang aman dan inovatif bagi konsumen kami," tambahnya.

Baca Juga: Hyundai Kembangkan Sistem Yang Bikin Udara Di Dalam Mobil Bersih Terus!

Sistem self-driving milik Aurora disebut Driver Aurora. Sistem ini terdiri dari lidar, radar, dan kamera yang memahami lingkungan di sekitarnya. Terdapat komputer yang menjalankan modul perangkat lunak, di mana sistem ini memungkinkan driver dapat memahami lingkungan dan merencanakan jalur yang aman.

Dengan integrasi Driver Aurora, kendaraan Hyundai dan Kia akan meningkatkan kemampuan mereka untuk memantau, bereaksi, dan beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda.

"Kami senang dengan kemajuan yang dibuat dengan tim Hyundai dan Kia. Bersama dengan semua mitra ekosistem kami, kami melihat konvergensi platform yang kuat dan akan memberikan manfaat teknologi self-driving secara aman, cepat, dan luas," ungkap Sterling Anderson, Co-founder dan Chief Product Officer Aurora.

Baca Juga: Bukan Bus Otonom Biasa, NXT Bisa Angkut Orang Sampai Sampah

Pada 2017, Ioniq Hyundai berhasil menunjukkan teknologi mengemudi otonom di lingkungan perkotaan di Las Vegas di CES. Hyundai juga menghadirkan kendaraan otonom yang dilengkapi dengan teknologi Level 4 di PyeongChang Winter Games 2018.

Untuk kedepannya, Hyundai memiliki rencana terkait mobilitas masa depan yang meliputi komersialisasi kendaraan otonom tingkat 4 pada 2021. Diperkirakan Hyundai akan meluncurkan pilot armada taksi robot otonom di kota-kota terpilih.