Bukan Bus Otonom Biasa, NXT Bisa Angkut Orang Sampai Sampah

Bukan Bus Otonom Biasa, NXT Bisa Angkut Orang Sampai Sampah Foto: Carscoop

KabarOto.com - Saat ini kendaraan listrik dan otonom sedang dikembangkan oleh pembuat mobil. Bahkan antar perusahaan sepertinya mulai bersaing untuk mengembangkan kendaraan yang sempurna untuk masa depan. Ternyata tidak terbatas untuk pembuat mobil saja loh.

Karena pembuat truk dan bus juga ikut berlomba mengembangkan produk terbaik mereka. Seperti yang diketahui transportasi umum seperti bus bahkan sudah ada yang dikembangkan otonom. Scania dari VW Group memiliki visi yang menarik nih Sob terkait mobilitas masa depan di perkotaan.

Konsep dari Scania disebut NXT, yaitu kendaraan untuk daerah perkotaan yang mandiri. Bahan bakarnya menggunakan baterai listrik. Rancangannya pun tidak main-main karena dibuat dengan pertimbangan komponen yang sangat fleksibel.

Baca Juga: Delivery Order Pakai Mobil Tanpa Kemudi, Sudah Ada Di Amerika Loh

Fleksibel disini maksudnya terkait dengan kesesuaian kendaraan untuk mobilitas masa depan. Karena Scania percaya bahwa kendaraan masa depan seperti ini perlu memiliki fleksibilitas untuk melakukan sebanyak mungkin kegiatan.

Fleksibilitas ini digambarkan dengan, NXT mampu mengangkut secara komuter. Seperti transportasi pada umumnya yang mengangkut penumpang dari dan ke suatu tempat sejak pagi dan malam. Kemudian pada siang hari, NXT bisa digunakan untuk mengirimkan barang.

Ada satu lagi nih keunggulan konsep NXT yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan. NXT dapat mengumpulkan sampah di malam hari. Tenang, sampah yang dikumpulkan bukan masuk di dalam kendaraan, tetapi ada semacam bak seperti badan truk yang bisa dipasang atau dikaitkan ke bus.

Jadi, sesuai dengan konsep yang diusung yaitu fleksibel, transportasi ini memungkinkan untuk menjadi beragam kendaraan yang beroperasi di sebuah kota. Bus ini memiliki panjang 8.000 mm dengan berat kurang dari 7.257 kg.

Baca Juga: Negeri Tirai Bambu Kembangkan Jalan Untuk Uji Mobil Otonom

"NXT adalah visi masa depan untuk transportasi di kota-kota. Beberapa dari teknologi ini belum sepenuhnya matang bagi kami, tetapi penting untuk benar-benar membangun kendaraan konsep secara visual, dan secara teknis menunjukkan ide-ide tentang apa yang dapat dijangkau," ungkap Presiden dan CEO Scania Henrik Henriksson.

Baterai bus otonom NXT ini ditempatkan di bawah lantai, yang diperkirakan dapat menempuh 245 km dengan satu kali pengisian daya. Henrik Henriksson juga menambahkan, "NXT dirancang untuk tahun 2030 dan seterusnya sambil menggabungkan beberapa fitur canggih yang sudah tersedia."

Menurut Scania, mereka mengusulkan pendekatan holistik yang dapat mengurangi kemacetan lalu lintas serta membuat transportasi orang dan barang lebih fleksibel dan efisien.

"Kami di Scania tidak dapat menggambar ulang seluruh sistem transportasi untuk perkotaan. Apa yang bisa kami lakukan adalah menginspirasi perubahan, dan itulah ide di balik NXT yaitu untuk memikirkan transportasi dan kendaraan dengan cara yang berbeda dan berkelanjutan," tutup Henrik.

Baca Juga: Bus Otonom Panda Yang Unik Di Cina