Negeri Tirai Bambu Kembangkan Jalan Untuk Uji Mobil Otonom

Negeri Tirai Bambu Kembangkan Jalan untuk Uji Mobil Otonom Foto: Bloomberg

KabarOto.com - Saat ini kendaraan otonom terus dikembangkan, bahkan pamornya tak kalah dengan kendaraan listrik. Mobil otonom juga bisa menjadi pilihan konsumen di masa depan, karena teknologinya sangat membantu aktivitas manusia yang dinamis.

Di Indonesia, mobil asal Negeri Tirai Bambu sedang naik daun. Berbicara tentang Wuling dan DFSK tentu brand otomotif ini sudah tidak asing lagi. Terkait mobil otonom, Cina juga tidak mau ketinggalan nih. Negara ini juga sedang membangun situs pertamanya untuk menguji mobil otonom.

Mobil otonom ini sedang diuji di bawah kondisi jalan raya yang sedang mengalami perubahan, dari berbentuk global menuju kendaraan berteknologi maju dan mandiri.

"Perusahaan Kami didukung oleh Negara untuk menggunakan bagian jalan raya yang ada, untuk membuat tempat uji di provinsi Shandong Timur," ungkap juru bicara Qilu Transportastion Development Group Co, dilansir dari Bloomberg.

Baca Juga: Wah, Shuttle Otonom Optimus Ride Segera Beroperasi Di New York

Konstruksinya ternyata sudah berjalan sejak 12 April lalu, di mana lokasi pengujian mobil otonom ini akan memiliki panjang 26 Km. Jika sesuai rencana, jalanan ini dapat mulai digunakan dan beroperasi pada September mendatang. Wah, cepat juga ya!

Pihak Qilu menjelaskan, "Bentangan jalan raya yang akan dikonversikan menjadi lokasi uji memiliki tiga terowongan, satu jembatan, tiga titik pengumpulan tol, dan banyak lereng."

Agar kendaraand dapat benar-benar teruji dan aman, Perusahaan akan memasang sistem Lidar, sensor, peralatan pemantauan cuaca, dan rambu lalu lintas cerdas untuk pertukaran data antara kendaraan yang diuji, jalan, dan pengguna.

Baca Juga: Ini Penjelasan Terkait Asuransi Untuk Mobil Otonom

Bagi sobat KabarOto yang masih asing dengan sistem lidar, Lidar merupakan kependekan dari Light Detection and Ranging. yaitu sebuah teknologi peraba jarak jauh optik, yang mengukur properti cahaya yang tersebar untuk menemukan jarak dan/atau informasi lain dari target yang jauh. Mirip seperti radar yang digunakan mendeteksi gelombang radio dan sebagainya.

Baca Juga: Canggih! Honda Ciptakan Mobil Otonom Anti Nabrak

Di Cina, sebelumnya pengemudi menggunakan bagian jalan tol yang menghubungkan kota Binzhou dan laiwu di provinsi Shandong Timur. Namun, nantinya mereka yang melakukan perjalanan di titik tersebut akan diarahkan untuk menggunakan rute alternatif.