Bus Otonom Panda Yang Unik Di Cina

Bus Otonom Panda Yang Unik di Cina Foto: China news daily

KabarOto.com - Kendaraan otonom sepertinya sedang dirancang habis-habisan oleh berbagai perusahaan, baik berbasis teknologi hingga otomotif. Salah satunya perusahaan teknologi DeepBlue yang mengeluarkan transportasi umum Smart Panda Bus.

Di Jepang sudah muncul konsep bus otonom juga dari perusahaan Muji. Hal ini juga diambil DeepBlue untuk mendefinisikan transportasi umum yang menarik. Berbeda dengan kendaraan terakhir yang mereka kenalkan di China Artificial Intelligence Summit di Shanghai beberapa waktu lalu.

Transportasi ini sangat keren loh, karena DeepBlue menggabungkan 8 teknologi inti yang berbeda pada satu kendaraan. Nah, Smart Panda Bus memanfaatkan teknologi AI terbaru dalam satu produk. Teknologi ini juga digunakan oleh Kia untuk produk READ yang diperkenalkan pada ajang CES 2018.

Baca juga: Keren, Bus Listrik Volvo Disulap Jadi Perpustakaan Berjalan

Panda

Fitur bus otonom ini juga sangat banyak loh, seperti AutoPilot, Finger Vein Recognition, Voice Interaction, Precise Advertising Push, Vehicle Monitoring Robot, Intelligent Unmanned Retail System, dan Abnormal Behavior Monitoring System.

Smart Panda Bus juga memiliki Intelligent Escape Emergency Handling System. Sampai saat ini, seluruh sistem tersebut belum pernah dipakai pada transportasi umum dengan basis komuter loh.

Bus ini juga memanfaatkan koneksi on-board yang dimilikinya. Sehingga penumpang dapat berbelanja hanya dengan menggeser tangannya melalui sistem identifikasi biometrik. Transportasi umum ini aman loh, karena Smart Panda Bus dapat memantau serta merekam perilaku penumpangnya yang mencurigakan.

Baca juga: Pameran Bus Terbesar Se-Asia Tenggara Berlangsung Di Jakarta

Hebatnya, Smart Panda Bus memantau dan merekam secara real-time. Tidak hanya itu, bus dapat melakukan siaran di back-end untuk peringatan dini dan mengaktifkan sistem darurat cerdas. Sehingga, keamanannya sangat terlindungi.

Panda

DeepBlue beralasan dengan adanya langkah besar ini dapat menuju mengembangkan kota cerdas di masa depan. Smart Panda Bus berhasil menerima dukungan yang antusias, rencananya akan diluncurkan di Asia dan Eropa tahun 2019 ini.

Negara-negara di Eropa seperti Jerman, Luksemburg, Italia, dan Yunani juga sudah menunjukkan minat besar terhadap Smart Panda Bus. Sedangkan Bangkok, Thailand, pemerintahnya sudah menyetujui BRT di mana kendaraan otonom DeepBlue Technology lainnya bisa mulai uji coba pada pertengahan tahun ini.