Delivery Order Pakai Mobil Tanpa Kemudi, Sudah Ada Di Amerika Loh

Delivery Order Pakai Mobil Tanpa Kemudi, Sudah Ada di Amerika Loh foto: www.carscoops.com

KabarOto.com - Sobat KabarOto sudah pada tahu belum sih dengan kendaraan otonom? Sudah banyak banget loh kendaraan tanpa kemudi yang beredar di berbagai belahan dunia. Bahkan bermacam-macam nih jenisnya, seperti bus, taksi bahkan kereta tanpa pengemudi.

Di Amerika, perbandingan tujuh dari sepuluh menunjukan bahwa orang masih was-was dengan mobil yang bisa mengemudi sendiri. Sebagai penumpang, teknologi ini memang agak horor ya. Karena kita tidak bisa request lebih cepat atau lebih lambat. Tapi, teknologi memang sudah begitu maju sehingga hal ini terlihat aneh pada awalnya saja.

Kini tak hanya transportasi untuk membawa penumpang saja yang otonom, di Amerika akan muncul robot spesies baru. Dengan julukan unmanned delivery robot, bisa mengirimkan barang ke tujuan tanpa ada yang mengemudi. Makin keren ya!

Baca juga: Canggih! Honda Ciptakan Mobil Otonom Anti Nabrak

delivery

Pod self-driving tingginya hanya lebih dari 1.830 mm dan sekitar setengah lebar sedan. Dengan berat 680 kg, ia dirancang untuk hanya membawa kargo. Ruang tersebut mampu untuk membawa hingga 12 kantong belanjaan.

Sebelumnya, robot delivery keluaran Nuro ini sudah diuji coba di Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat. Sekarang kendaraan yang digunakan sebagai kurir ini menuju Houston, Texas. Ada dua pasar di Houston yang akan menggunakan program pengiriman otonom menggunakan pod driver R1 Nuro.

Layanan ini sebenarnya merupakan kolaborasi antara ritel bahan makan terbesar di Amerika Kroger dan perusahaan robotika Nuro. Kolaborasi ini memungkinkan pelanggan untuk memesan secara online dan mengirim bahan makanan ke rumah mereka dengan kendaraan otonom.

Baca juga: Bus Otonom Panda Yang Unik Di Cina

delivery

Toko yang bergabung dengan layanan ini adalah toko-toko di South Post Oak Road dan Buffalo Speedway. Nah. layanan delivery otonom ini dapat menjangkau pelanggan yang tinggal di empat kode pos lokal.

Cara ordernya juga cukup mudah, pelanggan dapat memesan untuk pengiriman di hari yang sama atau hari berikutnya. Pemilihan hari dapat dipilih langsung di situs web atau aplikasi berbayar Kroger. Untuk harga aplikasinya sebesar $ 5,95.

Awal program, Nuro akan tidak menggunakan pod R1 sebagai kendaraan di Arizona dan Texas, namun Toyota Prius. Karena, Nuro hanya membuat enam pod R1 yang semuanya digunakan di Scottsdale.

"Pada awalnya, kami akan mulai mengirimkan dengan kendaraan Prius kami yang dapat mengemudi sendiri. Jadi ini adalah kendaraan penumpang seperti Prius biasa yang kami tambahkan sensing dan komputasi sehingga mereka dapat mengemudi sendiri. Masih akan ada fitur keselamatan di dalamnya," ujar pendiri dan presiden Nuro Dave Ferguson mengatakan kepada ABC13.