POPULAR STORIES

Kendaraan Niaga Ringan Mitsubishi L100 EV Dibanderol Rp 320 Juta

Kendaraan Niaga Ringan Mitsubishi L100 EV Dibanderol Rp 320 Juta Mitsubishi L100 EV (Foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan dimulainya penjualan model Mitsubishi L100 EV di Indonesia, yang merupakan model kei-car kendaraan niaga ringan berbasis baterai (BEV).

Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI mengatakan bahwa, “Kami yakin bahwa Mitsubishi L100 EV sangat kompetitif secara produk, baik dari segi spesifikasi dan range harga yang ditawarkan, sehingga model ini dapat diserap dengan baik oleh pasar di Indonesia."

Produksi Mitsubishi L100 EV telah dimulai pada Desember 2023 di fasilitas perakitan Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dan sekaligus menandakan produksi model ini pertama kalinya di luar Jepang. Sebelumnya Mitsubishi Motors bersama MMKSI telah melakukan aktivitas Proof of Concept (POC) di Indonesia bersama dengan beberapa partner dari perusahaan yang bergerak dibidang logistik dan jasa sejak tahun 2020.

Mitsubishi L100 EV (disebut Minicab EV di Jepang) memiliki jangkauan jelajah telah diperluas hingga 180 km (dalam mode WLTC2) per pengisian daya, yang merupakan peningkatan sekitar 20 % dibandingkan model sebelumnya.

Baca Juga: Modifikasi Mitsubishi Triton 2016, 'Trisam' Aliran Thailand Bikin Silau Mata

Mitsubishi L100 EV terdiri dari satu varian yaitu Two-Seaters Blind Van

Pengisian daya normal pada AC200V (15A) memerlukan waktu kurang lebih 7,5 jam untuk mengisi penuh baterai. Selain itu, baterai dapat terisi hingga 80 % dalam waktu sekitar 42 menit dengan pengisian cepat.

Motor listrik ini menghasilkan torsi maksimum sebesar 195 Nm, sehingga meskipun kendaraan memuat banyak muatan, motor ini tetap mempertahankan performa berkendara yang khas dari kendaraan listrik.

Dibandingkan model sebelumnya yang dijual di Jepang, kapasitas baterai penggeraknya ditingkatkan sebesar 26 %. Motor dan inverter telah diintegrasikan ke dalam satu unit untuk meningkatkan efisiensi motor, sehingga menghasilkan daya jelajah 180 km (dalam mode WLTC) per pengisian daya, yang merupakan peningkatan 20 % dibandingkan model tahun sebelumnya.

Baca Juga: Makin Canggih Mitsubishi Connect ID Bisa Pantau Status Kendaraan, Begini Caranya

Mitsubishi L100 EV merupakan model kei-car kendaraan niaga ringan

Mitsubishi L100 EV dilengkapi dengan teknologi keselamatan 2 airbag untuk pengemudi dan penumpang baris pertama, Automatic Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Traction & Active Stability Control, Immobilizer, Seatbelt Warning, dan Auto Light Control (ALC) yang dapat menghidupkan lampu ketika di jalan gelap. Dengan fitur keselamatan yang ditingkatkan, L100 EV memenuhi syarat untuk “Safety Support Car S Wide” yang dipromosikan oleh pemerintah Jepang.

Selain itu, Mitsubishi L100 EV ini telah dilengkapi dengan Air Conditioner (AC), Seat Heater di sisi pengemudi, power steering, suspensi nyaman dan radius putar yang kecil (4,3 meter) dapat membuat pengemudi dan penumpang menjadi nyaman.

Mitsubishi L100 EV terdiri dari satu varian yaitu Two-Seaters Blind Van, dan satu pilihan warna yaitu White Solid, dipasarkan dengan harga Rp 320 juta on the road Jakarta (Harga spesial selama periode Februari – April 2024).

Setiap pembelian Mitsubishi L100 EV mendapatkan gratis paket Smart yang mencakup gratis biaya jasa dan gratis suku cadang untuk perawatan berkala hingga 4 tahun/ 50,000 KM.