POPULAR STORIES

Teknologi BYD E-Platform 3.0 Mampu Tingkatkan Performa Mobil, Ini Sejumlah Keunggulannya!

Teknologi BYD E-Platform 3.0 Mampu Tingkatkan Performa Mobil, Ini Sejumlah Keunggulannya! BYD memperkenalkan sistem baterai E-Platform 3.0. (Foto: Deddy/KabarOto)

KabarOto.com - BYD memperkenalkan E-Platform 3.0 yang memiliki sejumlah keunggulan untuk meningkatkan performa secara keseluruhan dari kendaraan listrik BYD. Nama "E-Platform" sendiri menunjukkan fokus pada elektrifikasi, sementara angka "3.0" mengacu pada teknologi blade battery yang diterapkan.

E-Platform 3.0 dari BYD Terapkan Sistem Cell to Body

Desain bodi dari E-Platform 3.0 telah dirancang untuk meningkatkan keamanan kendaraan listrik dengan menerapkan sistem CTB (Cell to Body), di mana blade battery dipasang langsung menempel atau terintegrasi dengan bodi mobil.

E-platform 3.0 BYD
Motor 8 in 1 pada bagian depan mobil BYD yang menggunakan teknologi E-Platform 3.0. (Foto: Deddy/KabarOto)

Hal ini memungkinkan bodi mobil untuk memiliki tinggi yang lebih rendah dengan aman, basis roda yang lebih panjang, serta meningkatkan desain aerodinamis secara keseluruhan.

Baca Juga: Profil BYD Denza D9, Si Mewah Pesaing Toyota Alphard Dengan Penggerak AWD

Keunggulan E-Platform 3.0 untuk Mobil Listrik BYD

Dengan integrasi blade battery dari E-Platform 3.0 ke dalam bodi mobil BYD, baterai dapat berperan dalam memperkuat struktur bodi, sehingga mobil menjadi lebih kokoh atau stabil saat melaju dengan kecepatan tinggi atau melakukan manuver.

E-platform 3.0 BYD
Motor 8 in 1 pada bagian belakang mobil BYD yang menggunakan teknologi E-platform 3.0. (Foto: Deddy/KabarOto)

Namun, saat ini sistem CTB hanya diterapkan pada model BYD Seal, sementara model BYD Atto 3 dan BYD Dolphin masih menggunakan sistem CTP (Cell to Pack), di mana baterai tidak terintegrasi langsung ke bodi, melainkan memerlukan tambahan panel bodi. Salah satu kelemahan dari sistem CTB adalah ketika baterai mengalami kerusakan atau terjadi kecelakaan, maka tidak dapat diganti secara terpisah, melainkan harus mengganti satu set dengan rangka mobil.

Baca Juga: BYD Rilis 3 Mobil Terbarunya Di IIMS 2024, Harga Mulai Dari Rp 425 Jutaan

E-platform 3.0 BYD
E-Platform 3.0 terapkan sistem baterai CTB (Cell to Body). (Foto: Deddy/KabarOto)

Dari sisi efisiensi, E-Platform 3.0 dilengkapi dengan sistem motor listrik 8-in-1, yang menggabungkan motor, gearbox, inverter, konverter DC/DC, dan komponen penting lainnya menjadi satu unit. Hal ini memberikan keuntungan berupa penghematan ruang di dalam bodi mobil.

Baca Juga: BYD Dolphin Honor Edition Dibanderol Rp 200 Jutaan di Tiongkok

Ini tidak hanya mengurangi berat mobil secara keseluruhan dan meningkatkan efisiensi, tetapi juga optimal dalam memanfaatkan ruang kabin untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang, serta efektif dalam meredam getaran yang berasal dari jalan ke dalam mobil.

Berita Terkait

Berita Terkait