POPULAR STORIES

Kerancuan STNK Motor Listrik

Kerancuan STNK Motor Listrik Kerancuan STNK Motor Listrik (Foto: Istimewa)

Kabaroto.com - Motor listrik saat ini sudah dapat STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), ini terbukti pada Viar Q1. Skuter listrik produksi dalam negeri yang meluncur bulan lalu dengan produsen Triangle Motorindo, produsen skuter listrik Viar Q1.

Meski dikatakan sudah bisa terbit secara resmi, namun jika diperhatikan masih ada keterangan yang rancu pada STNK Viar Q1. Sekilas STNK Viar Q1 sama seperti STNK pada umumnya, namun terdapat perbedaan pada keterangan isi silinder dan bahan bakar.

Pada kendaraan biasanya, keterangan isi silinder menunjukan kapasitas mesin. Namun dengan motor listrik Viar Q1 yang tertulis angka 800. Angka itu bukan menunjukan kapasitas mesin melainkan tenaga yang dihasilkan sebesar 800 Watt.
Viar Q1 tidak menggunakan mesin pembakaran dalam, melainkan baterai atau aki sebagai sumber tenaga dan sistem gerak dari Bosch.

Tenaga yang dihasilkan 800 Watt atau setara dengan 1,07 tk. Pada STNK Viar Q1, keterangan bahan bakar tertulis listrik. Sedangkan seperti yang kita tahu kendaraan listrik tidak melakukan proses pembakaran yang butuh bahan bakar.

stnk listrik

Pajak

Dalam STNK motor listrik Viar Q1 masih terdapat kelainan, bila dilihat keterangan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) yang biasanya selalu menempel dengan STNK. Salah satu penentu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah kapasitas mesin yang tentu saja tidak dimiliki Viar Q1.

Meski begitu pada kolom PKB terpampang besarnya Rp 180.000 atau sekiranya sama seperti motor bermesin 125cc.
Frengky Osmond Marketing Communication Triangle Motorindo menjelaskan, prosedur pembuatan STNK Viar Q1 sudah melalui proses sesuai aturan. Dengan penghitungan PKB dan BBN yang sudah diajukan ke Kementerian Dalam Negeri.

baca juga: