POPULAR STORIES

Kerap Salah Pengertian, Ini Perbedaan Piaggio Dan Vespa

Kerap Salah Pengertian, Ini Perbedaan Piaggio dan Vespa Kerap Salah Pengertian, Ini Perbedaan Piaggio dan Vespa (Kipli)

KabarOto.com - Sobat pasti sering mendengar pertanyaan tentang perbedaan merek Piaggio dan Vespa. Sebagian mungkin ada yang paham, namun tidak semua bisa membedakan antara kedua merek tersebut, meski jika disandingkan produk-produknya akan semakin mudah untuk mengidentifikasi perbedaannya secara jelas.

Desain skuternya yang ikonik dengan aura khas Italia, kerap membuat keduanya dianggap berasal dari merek yang sama. Memang ada korelasinya, namun sebenarnya, 2 merek skutik tersebut jelas punya perbedaan yang signifikan.

Vespa adalah salah satu merek yang bernaung atau dipayungi oleh sang induk, yakni Piaggio Group yang berada di negara Italia. Sementara merek Piaggio sendiri, tak hanya menaungi merek Vespa, merek lainnya seperti Aprilia, Moto Guzzi dan Piaggio itu sendiri dipayungi oleh Piaggio Group.

Baca Juga: Dibanderol Rp260 Juta, Vespa 946 10° Anniversario Resmi Diboyong Piaggio Ke Indonesia

Desain Vespa identik dengan desain klasik sejak puluhan tahun lalu hingga kini. Hal tersebut karena Piaggio group sengaja membuatnya mengusung desain dari warisannya sejak dahulu.

Jika diperhatikan, sejak tahun awal eksistensinya di awal 1950-an, memang aura klasik Vespa masih dipertahakan hingga produksi model terbarunya. Berbeda dengan model-model skutik Piaggio lebih mengikuti garis desain modern yang terkesan mewah atau premium.

Baca Juga: Rp750 Juta, Piaggio Indonesia Resmi Boyong Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale Ke Tanah Air

Tak hanya soal desain bodi, kedua merek tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar yaitu di bagian pelek. Piaggio kerap mengusung lingkar roda 14 hingga 16 inci sedangkan Vespa sejak dahulu hingga kini, disematkan diameter pelek yang lebih kecil yakni 10 hingga 12 inci.

Selain soal pelek, konstruksi pada bagian suspensi Vespa dan Piaggio pun berbeda. Vespa dengan desain warisannya, disematkan suspensi dengan model lengan tunggal di bagian depan, sedangkan Piaggio menggunakan suspensi teleskopik ganda. Nah, gimana Sob, sekarang paham kan bedanya?