Keren..! Biar Gak Bingung Saat Dijemput, Grab Sediakan Fitur "Venues"

Keren..! Biar Gak Bingung Saat Dijemput, Grab Sediakan Fitur "Venues" Ilustrasi penjemputan oleh Grab (ist)

KabarOto.com - Mungkin sebagian para pelanggan transportasi online sering merasa bingung, untuk memilih titik jemput ketika berada di bandara, pusat perbelanjaan atau convention center besar seperti Grand Indonesia, Lippo Mall Puri, atau ICE BSD, dalam menemukan titik jemput mana yang paling dekat dengan dirinya.

Belum lagi, setelah itu calon penumpang tersebut harus segera menemukan jalan menuju tempat jemput yang dimaksud. Masalahnya, sering kali baik pelanggan maupun mitra transportasi online belum mengenal betul lokasi yang akan dituju, sehingga terjadi kesalahpahaman.

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan, 30 Ribu Mitra Pengemudi GrabBike Dapat Helm Baru

Untuk mengatasi hal tersebut, Grab meluncurkan fitur "Venues", yang akan memberikan penumpang panduan visual (foto) dan teks untuk dapat menuju titik jemput terdekat dengan mereka. Jadi jika nanti calon penumpang sedang mengunjungi sebuah tempat asing bagi dirinya, dapat lebih mudah saat dilakukan penjemputan.

Pengunaannya pun ternyata mudah, "Saat Anda akan melihat titik jemput terdekat yang disarankan. Sentuh peta untuk menggerakkan dan mengubah titik jemput yang Anda inginkan (titik hijau). Konfirmasi titik jemput yang Anda inginkan dan pesan kendaraan Anda," tulis Grab dalam keterangan resminya.

Ilustrasi aplikasi Grab

Setelah itu, saat penumpang telah mendapatkan kendaraan, tinggal klik "bubble" yang akan muncul, untuk mendapatkan petunjuk cara menuju titik penjemputan. Selanjutnya ikuti petunjuk visual serta instruksi yang ada, dan calon penumpang akan tiba di titik jemput yang dituju.

"Walaupun ini terdengar seperti sesuatu yang mudah untuk mengatasi masalah yang sering Anda hadapi. Namun untuk menciptakan fitur ini diperlukan proses yang luar biasa! Untuk 600 Venues yang kini telah dilengkapi dengan petunjuk gambar, tim Grab menghabiskan 3.000 jam untuk mengumpulkan 3.400 foto di lebih dari 1.900 titik jemput," kata salah seorang wakil dari Grab Indonesia.

Dilengkapi gambar untuk memudahkan

Grab sendiri telah menghadirkan lebih dari 100.000 titik penjemputan di berbagai negara di Asia Tenggara. Dalam aplikasi, terdapat titik hijau kecil sebagai lokasi penjemputan, yang dapat dipilih oleh calon penumpang sehingga dapat dijemput dengan tepat dan akurat.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Massal, Grab Luncurkan Fitur 'Rute'

Berkat titik penjemputan akurat ini, Grab telah berhasil mengurangi jarak pertemuan (jarak jalan kaki antara titik temu yang Anda pilih dengan kendaraan mitra pengemudi) sebanyak lebih dari 40%.

Rencananya, Grab juga akan mengembangkan fitur ini lebih jauh dan menjangkau lebih dari 10.000 Venues di Asia Tenggara pada beberapa bulan mendatang, serta akan menghadirkan navigasi real-time di dalam aplikasi.