POPULAR STORIES

Keren Nih, Baju Balap Super Ringan Sparco Dan McLaren

Keren Nih, Baju Balap Super Ringan Sparco dan McLaren Foto: sparco-official.com

KabarOto.com – McLaren sebagai pabrikan mobil sport memang tahu bagaimana cara membuat mobil yang sangat ringan dan kencang. Selain itu, McLaren juga tim pertama yang mengusung bodi monokok berbahan karbon, pada ajang balap F1 yang dipakai pada mobil seri MP4/1 pada tahun 1980-an.

Hebatnya, teknologi tersebut masih diterapkan pada mobil-mobil produksinya sampai sekarang. Penggunaan bahan karbon ditujukan mengejar bobot mobil yang jauh lebih ringan tapi tetap kuat.

Baca Juga: Lihat Nih, Deretan Foto Mobil Keren Di IMX 2018

Kini obsesi tersebut tidak hanya ditumpahkan McLaren pada mobil-mobilnya, namun juga pada baju balap yang akan digunakan para pembalap F1-nya.

Bekerja sama dengan Sparco, akhirnya keluarlah baju balap super-ringan yang diberi nama Sparco McLaren SP16+. Baju balap SP16+ ini diklaim adalah baju teringan yang pernah disertifikasi oleh FIA.

Untuk ukuran 52 seperti yang digunakan oleh Bruno Senna, dengan tinggi badan 180 cm dan berat badan 69 kg, berat baju ini hanya berkisar 590 gram. Hampir setara 1 buah celana jeans, namun perlu diingat bahwa ini adalah bobot baju 1 setel dan tentunya sudah tahan api.

Bobotnya yang sangat ringan itu didapat dari penggunaan bahan-bahan yang ringan. Contohnya saja, McLaren dan Sparco menggunakan ritsleting tipis namun kuat, jahitan-jahitan juga dibuat ultratipis.

Plus menggunakan bahan busa Nomax pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki, pengurangan bantalan leher dan bahu, dan tentunya yang terpenting adalah bahan tahan api dua lapis khusus, yang dibuat agar baju tidak ikut terbakar saat terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Gokil! Toyota Trueno Ini Ditawar Rp 1,7 Miliar

Baju ini bisa dipesan oleh pembalap sesuai dengan keinginannya, dalam kata lain di-custom sendiri sesuai karakter pembalap, agar baju nyaman saat dipakai dan baju ini dibuat handmade oleh tangan orang Italia.

Lalu berapa harga yang ditawarkan untuk satu setel baju super ringan ini? Murah?

Tentu tidak, harga yang ditawarkan untuk SP16+ ini adalah sekitar 3.000 USD atau sekitar Rp 43,8 juta. Namun itu adalah patokan harga termurah, masih ada biaya tambahan nantinya untuk aksesori ekstra.

Juga belum termasuk perlengkap lainnya seperti helm McLaren yang sudah bisa terkoneksi telefon dari Bell, sarung tangan, balaclava (penutup wajah yang digunakan sebelum helm) dan kaos dalam lengan panjang.

Jika semua itu dimasukkan dalam paket, bisa ditebus dengan harga Rp 99,2 juta.

Baca Juga: Mitsubishi Evolution X Ini Full Kompetisi Meski Tampang Kalem