POPULAR STORIES

Keren Nih!... Kymco Akan Buat Sport Bike Bertenaga Listrik

Keren Nih!... Kymco Akan Buat Sport Bike Bertenaga Listrik Kymco SuperNEX (ist)

KabarOto.com - Tren sepeda motor bertenaga listrik, sepertinya saat ini sedang gencar dikembangkan oleh hampir seluruh pabrikan dunia, salah satunya adalah Kymco. Kabarnya, produsen sepeda motor asal Taiwan tersebut, berencana untuk memproduksi sepeda motor bertenaga listrik (e-bike).

Bukan sekadar sepeda motor, tapi produk baru berwujud sport bike ini juga bisa digunakan di ajang balap. Motor listik tersebut bernama SuperNEX, yang diklaim Kymco sebagai sepeda motor listrik, namun tetap memiliki sensasi berkendara layaknya sport bike konvensional.

Salah satunya adalah dengan tetap memiliki gearbox enam percepatan, sehingga tetap memerlukan pergantian gigi perseneling sebagai mana sport bike konvensional. Menurut Kymco, nantinya SuperNEX dapat berlari dari posisi diam hingga kecepatan 100 kpj hanya dalam waktu 2,9 detik.

Desain futuristik

Selain itu, bila handle gas terus diputar, sepeda motor dengan bentuk futuristik tersebut dapat melaju hingga 200 kpj dalam waktu 7,5 detik, dan terus mencapai 250 kpj dalam 10.9 detik tanpa jeda.

Baca juga: Ini Dia 8 Keunggulan Wuling Formo

Pihak pabrikan mengklaim, catatan waktu akselerasi yang terbilang fantatis ini didapat melalui teknologi full engagement performance (FEP) yang siap mengontrol gejala roda depan terangkat (wheelie) dan slip pada roda saat pertama kali gas dibuka dengan cepat.

Sehingga memastikan setiap Kilowatt yang dihasilkan oleh motor listriknya dapat tersalurkan dengan baik ke roda belakang.

Selain itu, pabrikan yang populer dengan produk skuternya tersebut, juga menyediakan fitur kontrol traksi pada FEP, untuk permukaan basah dan licin yang bisa diatur sesuai kebutuhan pengendara. Salah satu keluhan terhadap sepeda motor elektrik saat ini adalah terkait masalah suara.

Bagian belakang terlihat sporty

Seperti diketahui, sepeda motor listrik cenderung tidak menghasilkan suara saat melaju, sehingga dikhawatirkan bisa mengurangi sensasi berkendara hingga timbulnya potensi kecelakaan.

Untuk itu Kymco telah mensiasatinya dengan menciptakan fitur 'active acoustic motor'. "SuperNex menggunakan motor listrik, yang dirancang agar dapat menyampaikan detak jantung layaknya mesin konvensional," tulis Kymco dalam keterangan resminya.

Nantinya, motor listrik akan memiliki suara yang mirip dengan sepeda motor bensin berkapasitas besar.

Baca Juga: Profil - Moto Guzzi V7 II Racer

Kymco juga melengkapi SuperNEX dengan 4 mode berkendara, yang disebut adaptive machine personalities. Yakni mode poised, assertive, bold dan extreme, atau mungkin bila disamakan dengan mode berkendaraa saat ini mirip dengan mode tour, road, sport dan race.

Namun sangat disayangkan, hingga saat ini Kymco tidak memberikan spesifikasi lebih detail mengenai SuperNEX, selain dari waktu akeselerasi yang disebutkan di atas.

Namun bila mengamati foto yang beredar, Kymco SuperNex menggunakan pelek racing buatan O.Z. dan dilapis dengan ban Metzeler, sistem pengereman dengan Brembo, suspensi oleh Ohlins.