POPULAR STORIES

Keren, SAV Listrik BMW IX3 Meluncur Mirip Konsepnya

Keren, SAV Listrik BMW iX3 Meluncur Mirip Konsepnya BMW iX3 (BMW)

KabarOto.com - Di pameran otomotif Beijing Auto Show 2018, produsen mobil asal Jerman, BMW, sempat menampilkan sebuah mobil konsep SUV bertenaga listrik bernama iX3 Concept.

Sejak saat itu, rumor terkait rencana produksinya bagai timbul dan tenggelam. Kini, setelah membuat pecinta otomotif penasaran, akhirnya BMW baru saja secara resmi meluncurkan mobil berjenis Sport Activity Vehicle (SAV) listrik tersebut ke pasar.

Baca Juga: Honda Civic Type R Limited Edition Menjadi Mobil Tercepat Di Suzuka

Menggunakan basis X3 generasi G01, BMW iX3 diklaim sebagai SAV pertama yang menggunakan tenaga listrik murni (full electric). Dari segi tampilan, wujud iX3 tersebut mirip dengan versi konsepnya.

Di bagian depan terdapat kidney grille berukuran besar, yang menjadi ciri khas produk BMW saat ini. Sebagai ciri yang menandakan bahwa mobil tersebut memiliki tenaga listrik, BMW menyematkan aksen warna biru pada bumper depan dan belakang, serta side skirt.

Bagian belakang sporty

Sebagai sumber penggerak, BMW iX3 dibekali motor listrik eDrive generasi kelima. Klaimnya sanggup menghasilkan tenaga maksimum 210 kW atau setara 286 dk dan torsi 400 Nm.

Tenaga itu dikirim ke roda belakang. Motor listriknya sendiri memiliki putaran maksimum 17.000 rpm, jelas BMW dalam keterangannya.

Interior modern

Memiliki tenaga yang cukup besar, membuat iX3 mampu melakukan akselerasi dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu 6,8 detik.

Bila pengemudi masih memiliki nyali untuk menginjak pedal gas lebih dalam, SAV itu mampu menyetuh kecepatan tertinggi yang dibatasi secara elektronik di angka 180 kpj.

Sumber tenaga listrik iX3, berasal dari baterai lithium-ion 400 V. Butuh waktu 7,5 jam untuk membuatnya terisi penuh dengan menggunakan mode pengisian rendah (slow charging), dan butuh 34 menit dengan pengisian cepat (fast charging).

Spesifikasi sumber tenaga

Baca Juga: Kia Pamer Kenyamanan Interior Carnival 2020

Di interior, BMW menghadirkan kontrol penyejuk kabin otomatis tiga zona. Disematkan pula panoramic sunroof, kursi model sport, head-up display, Parking Assistant Plus, dan sistem suara surround garapan Harman Kardon.

Gunakan pelek unik 20 inci

Selain itu, untuk fitur keamanan dan keselamatan iX3 dilengkapi Dynamic Traction Control (DTC), Cornering Brake Control(CBC), Dynamic Brake Control (DBC), hingga Hill Descent Control (HDC). Sayang, BMW belum mengungkap secara resmi berapa harga dari SAV tersebut. Kita tunggu saja!