Keren, SM Sport V16 Ini Tampil Bergaya Bobber

Keren, SM Sport V16 Ini Tampil Bergaya Bobber AM Sport V16 bergaya Bobber

KabarOto.com - SM Sport V16 merupakan motor cruiser asal Malaysia yang memiliki mesin V-Twin berkapasitas 249,8 cc. Dapur pacu tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal 18,7 dk pada 8.000 rpm, serta torsi maksimal 19 Nm pada 6.000 rpm.

Motor yang memiliki tampilan menyerupai Harley-Davidson ini, sebenarnya sudah tampak keren, namun terkadang pemilik tidak merasa puas dengan kondisi standar pabrikan. Seorang pencinta motor pun merombak V16-nya, diubah menjadi lebih gahar dengan model kekinian.

Baca Juga: Begini Nasib Bengkel Motor Custom Saat PPKM Darurat

Tangki dibuat agak mengotak (Foto: Katros Garage)

Katros Garage ditunjuk untuk mengubah motor tersebut. "Konsep secara keseluruhan model bobber," buka Atenx builder Katros Garage kepada Kabaroto.com. Bobber sendiri menurut dia tidak perlu ada banyak perombakan. "Gak sampai rombak sasis atau motong sasis, cuma ganti-ganti part utama saja," tambah pemilik nama Andi Akbar ini.

Seluruh lampu sudah menggunakan LED (Foto: Katros Garage)

Ubahan lain yang dilakukan adalah di bagian bodi-bodi serta sepatbor depan diganti baru. "Tangki tadinya bulat, sekarang agak kotak. Kalau modelnya mirip tangki Indian," tambah Atenx. Untuk joknya dibuat single seater, hanya bisa menampung satu orang saja.

Sepatbor belakang dicustom menjadi ukuran lebih pendek. Seluruh lampu meggunakan LED. "Secara keseluruhan simple, pemiliknya ga pengen rombak konstruksi asli, optimalkan yang ada saja," jelas Atenx.

Jok single seater dengan knalpot oipa stainles (Foto: Katros Garage)

Untuk knalpot, diganti menggunakan pipa stainles. "Ukuran pipa sedikit lebih besar dari yang standar," jelas dia lagi. Untuk menyelesaikan motor ini, Atenx membutuhkan waktu kurang dari satu bulan.

"Sebenarnya cepet, karena ga banyak ubah, tapi karena PPKM kan vendor juga pada tutup, jadi agak tersendat proses pengerjaannya," terang Atenx lagi.

Baca Juga: Razia Knalpot Bising Di Jalan Raya, Ini Kata Katros Garage

Sepatbor belakang dibuat lebih pendek (Foto: Katros Garage)

Biayanya untuk memodifikasi motor ini berkisar Rp20 sampai Rp25 jutaan. bikin konsep seperti ini. Karena motor ini pakai ban shinko di depan dan belakang, jadi kenanya Rp30 jutaan. Karena bannya aja udah mahal ya," jelas pria kelahiran Jakarta ini.