POPULAR STORIES

Ketahui Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Ketahui Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Kabin mobil terasa dingin karena AC, kenali penyebab AC tidak dingin (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Air Conditioner (AC) keberadaannya sangat penting pada sebuah mobil. Fungsinya, untuk membuat ruang kabin jadi sejuk, agar pengemudi dan penumpangnya merasa nyaman.

Terkadang AC juga memiliki masalah, salah satunya kurang dingin. Lalu apa Penyebabnya?

Sapto Saputro, dari Rio Ac yang berada di pusat Ondrdil Pondok Cabe, Tangerang Selatan, menjelaskan beberapa masalah yang wajib diperiksa.

Baca Juga: Bolehkah Menyalakan AC Saat Mobil Berhenti?

Kondensor kotor bisa membuat AC hanya menyemburkan angin saja, karena terhambat membuat AC tidak dingin. Untuk itu, disarankan membersihkan kondensor agar tak terjadi penyumbatan.

AC mbil tidak dingin, banyak penyebabnya salah satunya freon habis (Foto: KabarOto)

Kompresor AC rusak bisa jadi penyebab AC tidak dingin. Untuk mengetahui komponen ini rusak, mengintip bagian sight glass pada botol dryer warnanya sudah hitam. Jika tanda itu muncul, maka receiver dryer atau expansion valve tersumbat kotoran.

Ekstra fan mati juga bisa mempengaruhi kinerja AC menurun, karena proses kondensasi. Jika eksta fan tidak berputar, maka tak ada penurunan suhu. Akhirnya kabin menjadi panas.

Evaporator tersumbat oleh debu, untuk itu harus selalu dijaga kebersihannya. Tersumbatnya bagian ini, membuat aliran udara dari blower ikut terhambat. Sirkulasi AC jadi terganggu. Fungsi evaporator AC mobil adalah menyerap udara panas yang ada di dalam kendaraan untuk kemudian dihembuskan menjadi udara dingin

Baca juga: Cara Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Fan belt putus juga membuat AC tidak berfungsi dengan baik, karena fungsinya sebagai penyalur putaran mesin menuju kompresor. Jika putus atau rusak, kinerja kompresor tidak akan maksimal. Sehingga, aliran freon tidak dapat tersirkulasi dengan baik. Hasilnya, AC mobil jadi tidak dingin.

Kurangnya refrigerant juga menyebabkan AC mobil tidak dingin. Untuk memastikan hal ini, bisa melakukan pengecekkan kondisinya ke bengkel terdekat. Jika sudah habis, bisa diisi kembali atau ditambah.