Bolehkah Menyalakan AC Saat Mobil Berhenti?

Bolehkah Menyalakan AC Saat Mobil Berhenti? AC mobil menyala saat berhenti, mengeluarkan gas beracun (Foto: KO)

KabarOto.com - AC merupakan komponen yang membuat nyaman pengemudi dan penumpang mobil. Keberadaan AC untuk memberikan udara yang sejuk, menghilangkan panas yang dihasilkan dari pancaran sinar matahari.

Saat melakukan perjalanan jauh, sudah pasti ada waktu untuk beristirahat di rest area atau tempat peristirahatan. Biasanya, pemilik mobil tidak mematikan mesin, agar AC bisa dinyalakan untuk penumpang yang menunggu di kabin.

Baca juga: Cara Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Lalu bolehkah AC mobil tetap menyala, saat mobil sedang berhenti?

Endang dari Rio AC menegaskan, menyalakan AC saat parkir tidak masalah, jika hanya dalam waktu singkat.

AC mobil biasanya dinyalakan saat istirahat dalam perjalanan jauh (Foto: KO)

Pemilik mobil harus memperhatikan lingkungan sekitar, saat kondisi mesin menyala, gas buang dari knalpot terus keluar, dan dapat membahayakan orang di sekitar mobil. Gas buang juga berbahaya bagi penumpang di dalam kabin.

Mesin mobil mengeluarkan gas beracun melalui knalpot seperti hidrokarbon (HC), karbonmonoksida (CO), dan Nitrogen Oksida (NO). Di antara ketiganya, CO merupakan gas yang berbahaya bagi manusia jika terhirup dengan paparan yang berlebihan.

Apalagi, jika penumpang di dalam kabin tidak membuka kaca jendela, alias tertutup rapat. Gas tersebut di atas akan terperangkap di kabin mobil dan akhirnya terhirup oleh penumpang.

Baca juga: Knalpot Valentino Balboni Khusus Untuk Lamborghini Huracan STO

"Bukan masalah bensin boros ya, tapi itu untuk keselamatan penumpang," terangnya, belum lama ini. Meski AC dinyalakan saat penumpang tidak ada, risiko gas beracun tersebut masih mengintai.

Gas buang yang terkumpul dalam kabin membutuhkan waktu untuk hilang sepenuhnya. Alhasil pengemudi atau penumpang yang masuk ke dalam mobil akan terpapar gas-gas berbahaya itu.

"Kalau memang ingin menyalakan AC saat mobil berhenti, itu kaca dibuka saja, sedikit supaya gasnya keluar," tambah dia lagi.