Ketika Honda Civic Vi Dipersenjatai Mesin K20A Dari Accord Euro R

Ketika Honda Civic Vi Dipersenjatai Mesin K20A dari Accord Euro R Deddy / KabarOto

KabarOto.com – Honda Civic Vi CBU memang jarang terlihat di jalanan Indonesia. Tapi asal tahu saja, basis bodi kompak dan hatchback ini jadi cikal bakal terjadinya Honda Civic Type R Mk2 atau kode bodi EP3 walau memang berbeda dari sisi bodi bahkan mesinnya.

Nah, salah satu pemilik Civic Vi CBU ini adalah Aldhy, mobilnya tampil di kontes Auto Tune Contest And Charity di Teras Kota, Serpong, Tangerang beberapa waktu lalu.

Mobil ini ingin mengejar konsep OEM JDM, oleh karena itu Aldhy menggunakan hampir semua parts kembali ke pakemnya OEM Civic EU3, atau Civic Hatchback lima pintu. Agar tampak lebih sporty, dipasangkan satu set body kit Modulo mulai dari lips depan, side skirt, hingga lips belakang.

Baca juga: Ulasan Lengkap Tentang Sejarah Honda Civic Type R

Tidak hanya itu, semua parts OEM EU3 pun menempel rapi di bodi mobil ini mulai dari lampu depan, lampu kabut, spion model lipat, lampu rem, dan juga spoilernya.

“Saya bangun mobil ini satu setengah tahun, yang bikini lama menunggu adalah komponen Civic EU3-nya dari Malaysia,” ujar Aldhy.

Berlanjut ke bagian kaki-kaki, peleknya memakai gaya JDM dari SSR Type C finishing putih, ukuran 17 inci, lebar 8 dan offset-nya 30, dikunci menggunakan lugnut racing Rays. Serta dibalut ban yang juga kental akan aura JDM yakni Yokohama ADVAN Neova AD08R ukuran 245/45 R17.

Sistem pengereman sudah di-upgrade pakai BBK lansiran Spoon 4 pot, ukuran rotor 282 mm. Lalu suspensinya menggunakan coilover Silver Neomax agar bisa semakin rebah dan asyik diajak bermanuver tentunya, serta ditambahkan Hardrace Upper Arm.

Agar performanya tidak kalah dengan Civic Type R EP3, maka mesinnya pun dirombak total oleh AP Speed. Dipilih mesin K20A yang dicangkok dari Accord Euro R, dengan beberapa modifikasi lagi tentunya, seperti sudah menggunakan ACL bearing, Comatic packing set, asupan aliran udara lebih bebas berkat Greddy open air filter, dan header ORD 4-1.

Mesin ini menempel menggunakan engine mounting dari Hasport, lalu pendinginan memakai radiator Koyorad, kopling single clutch dari Accord Euro R, serta pengaturan mesin melalui Honda Kpro 4 demi membuka potensi mesin.

Di kabin, kesan OEM juga sangat kental, mulai dari penggunaan penunjuk kecepatan, tuas transmisi manual, konsol tengah, dan karpet yang semuanya diambil dari orisinal Civic Type R EP3. Oh iya, aslinya mobil ini merupakan Civic Vi tahun 2003 bertransmisi otomatis, lalu diubah ke manual.

Baca juga: Honda Civic Type R EK9 Dimodifikasi Sesuai Model Diecast

Dasbor hingga head unitnya pun menggunakan Civic OEM EU3. Ditambah setir racing lansiran Momo Montecarlo, serta disempatkan Defi Water Temp gauge untuk melihat suhu air agar tidak terjadi overheat.

Ke depannya masih ada beberapa projek untuk melengkapi komponen lagi oleh Aldhy. "Mau coba melengkapi interior EP3 Type R, dari setir, pedal, lalu jok diganti Recaro SP-JJ," bebernya.