POPULAR STORIES

Honda Civic Type R EK9 Dimodifikasi Sesuai Model Diecast

Honda Civic Type R EK9 Dimodifikasi Sesuai Model Diecast Foto : Deddy / KO

KabarOto.com – Honda Type R memang merupakan varian dari beberapa mobil Honda yang punya performa tinggi. Salah satunya adalah Civic, beberapa waktu lalu Honda Indonesia juga secara resmi menjual Type R paling anyar berkode FK8.

Tapi bagaimana dengan generasi sebelumnya? Sebenarnya ada beberapa unit Civic Type R pernah masuk ke Indonesia dari generasi pertama hingga keempat. Namun bukan dijual secara resmi, melainkan importir umum. Salah satunya dimiliki oleh Kevin dengan Civic EK9 Type R yang tampil di The Elite Showcase 2019.

EK9 sendiri merupakan generasi pertama dari Civic Type R, dimana basisnya diambil dari Civic generasi 6 atau mungkin di Indonesia lebih dikenal Civic Ferio, tapi bedanya ini merupakan hatchback 2 pintu. Dan tentunya punya mesin lebih kencang dari biasanya.

Tapi belum cukup bagi sang pemilik diabiarkan standar begitu saja. Oleh karena itu, Kevin punya konsep modifikasi unik buat EK9-nya tersebut, yakni mengikuti persis diecast dari Spoon Sports. “Konsep modifikasinya direstorasi total dan dibangun seperti diecast Spoon Sports,” ujar pria pemilik usaha detailing tersebut.

Untuk eksteriornya, EK9 ini di cat ulang menggunakan warna kuning khas Spoon dengan formula khusus. Penggantian komponen selanjutnya adalah kap mesin karbon, lalu spion model ganador berbahan karbon, keduanya memakai merek Spoon. Lalu agar tampil lebih sporty, spoiler turut diganti menggunakan lansiran Seeker.

Baca Juga : Ini Daftar Komplet Pemenang Kategori The Elite Showcase 2019

Serta tampilannya dipercantik dengan beberapa decal seperti windshield sticker Spoon, stiker kaca belakang Spoon, dan beberapa sticker kecil lainnya seperti tulisan Spoon dibawah spion, lambang Advan sisi fender, emblem Type R pada sisi bodi dan pintu belakang. Menariknya semua asli buatan Jepang, tanpa ada dibuat custom.

Lalu bagian kaki-kakinya, pelek menggunakan Spoon ukuran 16 inci warna hitam doff, berbalut ban performa tinggi dari Advan Neova ADO8R berukuran 215/45 R16 yang tentunya akan membuat mobil semakin mencengkram ke permukaan jalan aspal ketika bermanuver, pemasangan pelek dipermanis baut roda Spoon berwarna biru.

Suspensi dan sistem pengereman, Kevin mempercayakannya pada coilover merek Yellow Speed Racing, sehingga mempermudah mengatur ketinggian dan bantingan mobil. Lalu rem juga di-upgrade menggunakan BBK Spoon, hasilnya bagian kaki terlihat sangat padat bahkan jarak pelek dan kaliper dempet banget sob! Keren banget deh.

Beralih ke sektor jantung mekanisnya, mesin sudah stroke up dari bawaan standar kode B16B, menjadi B18C. Lalu beberapa penggantian komponen juga tidak lupa dilakukan, misalnya saja kabel busi Spoon, Cam Toda, selang radiator Spoon, reservoir tank cover Spoon, serta oilcap Seeker. Sementara exhaust system diganti header-nya dari Feels dan muffler Spoon.

Baca Juga : Gaya Klimis BMW E39 Touring Milik Gofar Hilman

Oh iya ada rigid collar Spoon juga nih, fungsinya agar frame dan subframe mobil bisa tersambung dengan rigid dan lurus. Pokoknya mulai komponen besar sampai kecil semua menggunakan lansiran Spoon.

Mengintip bagian interior, aura racing juga kental terasa. Paling kontras terlihat misalnya jok Recaro SR4 warna merah, menyatu pada rel Bride asli Jepang. Aksesori lainnya diganti seperti shiftknob Seeker, roda kemudi Spoon, dan spidometer yang hedon karena memakai lansiran Spoon Limited, kabarnya harga bisa mencapai US$ 8500 atau sekitar Rp 120 jutaan.

Kevin juga mengatakan butuh waktu sekitar 6 bulan untuk merampungkan mobil ini, “Butuh waktu 6 bulan sampai selesai. Untuk kesulitannya, paling part semua harus pesan langsung dari Jepang, karena EK9 kan build up, tidak ada di Indonesia,” tutupnya pada tim KabarOto.