Ketika Mantan Desainer Apple Mendesain Motor, Yamaha Frog FZ750

Ketika Mantan Desainer Apple Mendesain Motor, Yamaha Frog FZ750 Sumber : Motorcyclespecs

KabarOto.com – Hartmut Esslinger menciptakan suatu desain motor unik pada tahun 1985, yang dinamakan Yamaha Frog 750.

Nama Frog sendiri diambil dari nama perusahaan Frog Design, merupakan perusahaan yang didirikan oleh Esslinger pada 1969.

Motor ini juga tercipta karena pada saat itu majalah Motorrad asal Jerman sedang melakukan kompetisi desain untuk menciptakan motor lebih aman dan indah.

Baca Juga : Livery Dan Warna Baru, Yamaha XSR 155 Dibanderol Mulai Rp36 Jutaan

“Selain menciptakan desain futuristik, kami juga mengintegrasikan temuan fitur keselamatan oleh Universitas Bochum, Jerman yang memengaruhi bentuk bodi Frog 750 dan bentuk tangki bahan bakarnya. Ini dilakukan untuk meningkatkan visibilitas saat motor berada di samping, karena kecelakaan utama di Amerika Serikat (saat itu) adalah mobil memotong jalur motor,” ujar Esslinger.

Selain desain bodi unik saat itu, Esslinger juga berinovasi lewat lampu utama ganda untuk membantu sistem penerangannya lebih maksimal, serta merancang pelek serat karbon yang sekarang juga dipakai dalam dunia motorsport.

Baca Juga : Yamaha Fazzio Sudah Terpesan 1.000 Unit Dalam Waktu 5 Jam

Sekarang motor itu dibawa ke markas Yamaha di Hammamatsu di Jepang. Walau ini jadi temuan paling inovatif saat itu, namun Yamaha tidak berniat memproduksi motor tersebut sacara massal karena tidak praktis dan padahal Yamaha FZ 750 yang menjadi basis cukup sukses waktu itu.

Jika sesuai standarnya, FZ 750 dibekali mesin berkapasitas 749 cc DOHC empat silinder segaris, dengan output 103 dk pada putaran 10.500 rpm. Disambung ke transmisi enam percepatan, mampu melesat hingga 230 kpj.