POPULAR STORIES

Keuangan Porsche Global Bangkit, Capai Laba 37,6 Miliar Euro

Keuangan Porsche Global Bangkit, Capai Laba 37,6 Miliar Euro KabarOto/ Porsche

KabarOto.com - Porsche Jerman menyelesaikan tahun keuangan 2022 dengan beberapa pencapaian menurut pihaknya.

Pendapatan penjualan Grup pada tahun 2022 mencapai 37,6 miliar Euro, atau tumbuh sebesar 13,6% (2021: 33,1 miliar Euro).

Laba operasi Grup adalah 6,8 miliar Euro, melebihi angka tahun sebelumnya sebesar 1,5 miliar euro (peningkatan sebesar 27,4%).

Pengiriman Grup dan arus kas bersih otomotif juga mencapai puncak tertinggi baru pada tahun 2022.

Baca juga: Porsche Siap Gaspol Boyong 6 Mobil Balap DTM Tahun Ini

Return on sales operasi Grup naik dari 16% menjadi 18%. Tahun ini, produsen mobil sport Stuttgart tersebut mendorong strategi modern mewahnya dan telah memulai program ambisius Road to 20 untuk memastikan tujuan keuntungan jangka panjangnya.

"Dalam kondisi sulit, kami berhasil mencapai hasil terbaik dalam sejarah Porsche, jauh melampaui yang sebelumnya, ini adalah hasil dari kinerja tim yang luar biasa" kata Oliver Blume, Ketua Dewan Eksekutif.

Porsche AG mengirimkan 309.884 kendaraan kepada pelanggan pada tahun kemarin, meskipun terdampak oleh perang di Ukraina, pandemi virus corona, dan gangguan rantai pasokan global.

Baca juga: António Félix Da Costa Geber Porsche 99X Ke Podium Pertama Di Seri Pembuka

Hal itu sesuai dengan peningkatan sebesar 2,6% dibandingkan dengan tahun 2021 (301.915 kendaraan). Pada tahun keuangan 2022, arus kas bersih otomotif meningkat dari 3,7 miliar Euro menjadi 3,9 miliar Euro.

"Faktor kesuksesan kami adalah peningkatan posisi harga, perpaduan produk, peningkatan penjualan kendaraan, efek kurs, dan disiplin biaya yang ketat," kata Lutz Meschke, Wakil Ketua dan Anggota Dewan Eksekutif untuk Keuangan dan TI.