POPULAR STORIES

Keunikan Kampung Labirin Astra Honda Siap Hibur Pengunjung

Keunikan Kampung Labirin Astra Honda Siap Hibur Pengunjung Foto: Yayasan AHM

KabarOto.com - Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) memiliki salah satu program bertajuk Desa Sejahtera Astra Honda yang dirancang sebagai public contribution yang berkesinambungan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh desa tersebut.

Pengembangan Desa Wisata ini berada di Kampung Kebon Jukut yang letaknya berada di Bogor, Jawa Barat. Kini tren yang berkembang di masyarakat adalah menikmati kebudayaan dengan langsung berinteraksi bersama
penduduk setempat.

YAHM mengembangkan Kampung Labirin Astra Honda dengan menggandeng warga Kampung Kebon Jukut RW 10, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Walikota Bogor, Bima Arya turut pun terlihat hadir dalam peresmian desa wisata ini pada Sabtu (1/12/2018) lalu.

yahm

Kampung Kebon Jukut disulap menjadi sebuah labirin yang menghubungkan rumah ke rumah yang dimulai dari area tepian Sungai Ciliwung di wilayah ini. "Let's Get Lost!" merupakan ajakan dan sapaan ramah warga bagi para pengunjung untuk berani mengeksplorasi, memulai petualangan khas Kampung Labirin Astra Honda.

Lokasinya yang strategis serta banyaknya sumber daya yang siap terlibat membuat berbagai unsur keunikan Kampung Jukut dapat dieksplorasi dengan maksimal. Warganya sekitar pun diberi pelatihan untuk menjadi pemandu wisata serta membuat makanan yang memiliki standar cita rasa yang tinggi dan higienis untuk menyambut wisatawan yang hadir.

Baca Juga: Jeep Resmi Luncurkan Wrangler JL Terbaru Pengganti JK, Ini Harganya!

"Untuk tahap awal, pengunjung dapat menikmati pengalaman seru melalui Festival Kampung Labirin Astra Honda yang diadakan sebulan sekali. Dengan dukungan penuh dari warga setempat, kami yakin frekuensinya akan meningkat dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar," ucap Ahmad Muhibbuddin, Wakil Ketua YAHM.

yahm

Selain menikmati pengalaman unik Kampung Labirin, wisatawan dapat mencicipi ragam kuliner khas karya warga seperti emping jengkol, soto kuning, laksa bogor, toge goreng, dan mie glosor.

Untuk semakin mengenal budaya lokal, pengunjung juga bisa memanfaatkan jasa generasi muda setempat yang menjadi pemandu wisata.

Pengalaman wisata Kampung Labirin Astra Honda semakin berwarna dengan sentuhan budaya. Para pemuda pemudi dilatih untuk menguasai berbagai tarian tradisional dan alat musik marawis sebagai elemen hiburan bagi pengunjung.

Baca juga: Honda Bakal Rilis PCX Electric Di Jepang? Ini Sosoknya..

Mereka juga berinisiatif membangun kesadaran lingkungan dengan membuat orkestra mini dengan menggunakan barang-barang bekas. Pengunjung juga bisa berswafoto dengan berbagai instalasi bambu yang dipilih untuk menguatkan karakter kelokalan budaya Sunda.

yahm

Untuk dapat menikmati ragam rangkaian keunikan Kampung Labirin Astra Honda ini, pengunjung dapat mengawalinya dengan menukar uang dengan voucher wisata yang digunakan untuk berinteraksi dalam Kampung Labirin Astra Honda. Voucher wisata ini juga membantu warga dalam memetakan produk ataupun jasa apa yang paling diminati pengunjung.