POPULAR STORIES

FDR Perkenalkan Ban Kering Khusus Drag Bike

FDR Perkenalkan Ban Kering Khusus Drag Bike

KabarOto.com - Selain menjadi sponsor di Kejurnas Drag Bike 2019 putaran ke-8, di sirkuit non permanen Coastal Area, Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau, produsen ban FDR meluncurkan varian terbaru dari Drax, berukuran 60/80-17. Sejumlah pembalap yang menggunakan ban ini sukses merebut gelar juara.

Elsafan Rendianto, FDR Promotion Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR dan Federal mengatakan, salah satu ban balap yang dibuat oleh FDR adalah Drax sengaja dirancang untuk kompetisi drag race, tujuannya agar pembalap drag bike kembali menggunakan ban produksi dalam negeri. "Kami juga ingin menunjukkan bahwa kualitas ban ini terbukti bisa bersaing dengan ban balap impor,” jelas pria yang biasa disapa Rendi.

Baca Juga: BanTubeless FDR 90 Untuk Perjalanan Mudik Lebih Nyaman

Ban FDR Drax 60/80-17 TT sudah bisa didapatkan di pasaran dengan harga eceran tertinggi Rp 300.000. “Semoga dengan adanya varian ban baru Drax ini, FDR bisa membantu para pembalap mendapatkan ban balap yang berkualitas dengan harga terjangkau,” kata Rendi.

Ban FDR Drax ukuran 60/80-17 TT ini bentuk konstruksinya berbeda dengan ban pada umumnya.

Ban FDR Drax 60/80-17 TT bentuk konstruksinya berbeda dengan ban pada umumnya, tidak kotak, tapi Drax punya profil ban seperti bentuk huruf ‘U’. Profil ini membuat ban tetap stabil saat start, namun ketika dipacu akan memberikan gesekan ke trek yang lebih minimal sehingga bisa memberikan catatan waktu yang terbaik.

“Drax seperti huruf ‘U’ ini menguntungkan karena setelah start pembalap bisa memacu motornya lebih cepat untuk raih best time,” kata Jimmy Handoyo, technical service development department head PT SRI.

FDR pun merekomendasikan untuk menggunakan rim 1.60 dengan tekanan angin ban 17 psi. Pembalap bisa menambah atau mengurangi tekanan angin ban hingga 4 psi sesuai dengan bobot pembalap, karakter mesin motor, dan kondisi jalan.

“Dari hasil riset kami bersama sejumlah pembalap drag race, tekanan angin tersebut adalah yang optimal untuk ban FDR. Jika tekanan angin dibuat rendah, seperti 10 psi maka ban akan goyang terutama start. Sebaliknya, jika tekanan angin terlalu tinggi ban akan spin,” ujar Jimmy.

Baca Juga: FDR Luncurkan Ban Radial Terbaru Blaze RS Dan Blaze RX Di Telkomsel IIMS 2019

Drax 60/80-17 TT diluncurkan oleh FDR saat ini adalah ban slick alias tanpa kembangan sehingga cocok untuk trek kering. Selain itu, ukuran ban Drax yang lebih ceper membuat ban jadi lebih kokoh. “Momen start saat balapan drag bike sangat penting, oleh karena itu kami rancang ban agar kokoh,” tutup Jimmy.