POPULAR STORIES

Kia Di Bawah Bendera Baru, Apa Kabar Konsumen Kia Lama?

Kia di Bawah Bendera Baru, Apa Kabar Konsumen Kia Lama? Ilustrasi Kia Sportage 2005

KabarOto.com - Mulai tahun lalu, PT Kreta Indo Artha (KIA), anak perusahaan di bawah naungan Indomobil Group, resmi menjalankan distribusi kendaraan bermotor Kia di Indonesia.

Peran KIA kali ini, seakan menjadi dewa penyelamat merek kendaraan asal Korea Selatan tersebut, yang telah setahun lebih 'mati suri' dalam menjalankan bisnisnya di Tanah Air.

Baca Juga: Hadir Dalam 3 Varian, Harga Kia Seltos Mulai Dari Rp 295 Juta

Lalu, bagaimana dengan nasib konsumen lama Kia, mengingat kini berada di bawah bendera yang sama sekali baru? Ario Soerjo selaku Marketing & Development Division Head KIA mengatakan, bahwa pihaknya akan tetap melayani kendaraan Kia baik yang lama maupun yang baru.

Akan kembangkan jaringan diler di beberapa lokasi

"Akan tetap kita layani, bahkan kita undang untuk melakukan perawatan kendaraannya. Semua bengkel resmi kita menerima kendaraan kia tanpa ada batasan," ujar Ario kepada KabarOto usai peluncuran Kia Seltos, (20/1) di Jakarta.

Saat ini, jaringan penjualan dan pelayanan purna jual Kia telah tersebar di 20 lokasi di seluruh Indonesia. Rencananya, pada tahun 2020 jaringan tersebut akan diperluas menjadi 33 lokasi.

Lalu, bagaimana dengan ketersediaan suku cadang mobil Kia lawas? "Untuk model-model yang ada sekarang (2012-up) spare parts tersedia. Sedangkan untuk yang lebih lama lagi seperti awal tahun 2000an, selama konsumen menyetujui dan masih diproduksi oleh principal kita bisa pesankan," jelas pria ramah tersebut.

Baca Juga: Test Drive KIA Grand Sedona, Cita Rasa MPV Premium Asal Korea

Senada dengan Ario, Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur, PT Indomobil Sukses Internasional (Tbk) menegaskan bahwa Indomobil dipercaya oleh Kia Motors Corporation (KMC) untuk mengembangkan merek Kia di Indonesia, lengkap dengan layanan purna jualnya.

"Rencana ke depannya, Indomobil melalui KIA akan menghadirkan produk-produk terbaru Kia yang sesuai untuk pasar Indonesia dan mengembangkan fasilitas serta meningkatkan kualitas layanan purna jual mobil-mobil Kia di Indonesia," kata Jusak. Bagaimana pemilik Kia lama, tak perlu khawatir kan?