POPULAR STORIES

Kia EV6 Punya Fitur Parkir Otomatis, Begini Cara Kerjanya

Kia EV6 Punya Fitur Parkir Otomatis, Begini Cara Kerjanya Kia EV6 (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Kia EV6 dipasarkan di Indonesia dengan harga sekitar Rp 1,3 miliaran. Di mana, mobil listrik ini dibekali fitur Remote Smart Parking Assist (RSPA).

Fitur Remote Smart Parking Assist (RSPA) memungkinkan mobil listrik ini parkir secara otomatis tanpa bantuan langsung pengemudinya. Selain itu, fitur bisa berfungsi saat pengemudi ada di dalam maupun di luar mobil.

Secara umum fitur RSPA, dapat memarkir mobil otomatis, mencari ruang parkir, dan memilih tipe parkir serta operasi parkir.

Baca Juga: Program Berkah Lebaran Dari Kia, Diskon Hingga 25%

Fitur Remote Smart Parking Assist (RSPA)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan mode RSPA. Mobil dalam kondisi hidup, shift gear di posisi D atau N, lalu pedal rem jangan ditekan. Langkah selanjutnya tekan dan tahan tombol parking/view (simbol kamera P) pada konsol tengah.

Saat mencari ruang parkir, Kia EV6 menggunakan kamera dan sesnsor. Keduanya dapat mendeteksi objek di sekitar mobil lain yang sedang parkir dan garis/marka tempat parkir. Pencarian ruang parkir, mobil melaju dalam kecepatan rendah, kurang dari 5 kpj.

Setelah sensor mendeteksi ruang parkir kosong, pesan akan terpampang pada display untuk memberhentikan mobil.

Pengemudi dapat memilih jenis parkir seri atau paralel, di sisi kiri atau kanan mobil. Pilih posisi dan dan tipe parkir mobil sesuai dengan ruang parkirnya.

Baca Juga: Impresi Berkendara Kia EV6: Bertenaga, Mewah Dan Canggih!

Mencari lokasi parkir secara otomatis

Setelah memilih posisi dan tipe parkir mobil, tentukan operasi parkir Kia EV6. Ada dua mode operasi yang tersedia, yaitu Remote Parking dan Smart Parking.

Jika memilih Remote Parking, EV6 akan dapat parkir secara otomatis ketika pengendara sudah berada di luar mobil. Pengendara cukup menekan dan menahan tombol Forward (P↑) atau Backward (P↓) pada remot kunci dan mobil akan bergerak secara otomatis untuk parkir pada ruang yang terdeteksi.

Sedangkan, Smart Parking akan membuat mobil parkir secara otomatis ketika pengendara masih duduk di kabin. Pengendara cukup menekan dan menahan tombol parking/view di konsol tengah mobil, mobil akan menekan pedal, pindah gigi, dan memutar setir secara otomatis untuk parkir.