POPULAR STORIES

Kia K5 Terbaru, Semakin Canggih Dan Gahar

Kia K5 Terbaru, Semakin Canggih dan Gahar Sumber Foto : KIA Global

KabarOto.com – Kia Motors baru saja memperkenalkan Kia K5 generasi terbaru. Mobil yang selama ini menggunakan nama Kia Optima, sekarang resmi berganti nama menjadi Kia K5 untuk pasar global dan sedan ini memulai debutnya di Amerika.

Tidak hanya ganti nama, mid-size sedan ini perawakannya lebih gahar daripada Optima yang menjadi pendahulunya. Karena generasi terbaru, Kia K5 ini menggusung platform baru berkode N3. Dari segi tampilan, gril khas Kia 'Tiger Nose' kini melebar dan menyatu dengan lampu depan.

Baca Juga : Terinspirasi Dari SUV, Begini Penampakan Terbaru New Kia Sedona

Kia K5 kini memiliki desain lampu depan yang lebih tajam yang sudah mengusung LED proyektor beserta DRL baru yang disebut oleh Kia sebagai Heart Beat, karena bentuknya mirip grafik detakan jantung di alat Elektrokardiogram (EKG). Tidak hanya lampu utama, lampu kabut sudah mengaplikasi LED model dual proyektor.

Dari samping, lis krom menghiasi dari pilar A ke C yang merupakan ciri khas dari desain bawaan Optima. Namun, aksen tersebut kini menyambung hingga ke kaca belakang. Tidak hanya krom, sekarang lampu belakang dari K5 ini ikut menyambung yang sudah menerapkan LED.

Untuk varian tertinggi yaitu Kia K5 GT-Line diberikan bodi kit yang lebih gahar, pola gril diberi aksen sisik hiu, lampu trapezoidal dan empat buah muffler. Selain itu, tersedia pelek dengan ukuran 16, 18 dan 19 inci bergantung variannya. Dan, untuk pelek ukuran 18 dan 19 inci akan dibalut ban Pirelli P-Zero.

Pelek 19 inci

Mengakses interior, Kia K5 tidak seagresif seperti tampilannya. Bagian dasbor dan door trim didominasi garis horizontal, untuk calon pembeli dapat memilih trim satin krom atau kayu tetapi ini bergantung varian, ya Sob. Bagian layar infotainment dan panel instrumen tergabung dalam satu bingkai seperti Mercedes-Benz.

Baca Juga : Kia Kenalkan Teknologi Baru Transmisi Manual Clutch-By-Wire

Sedan ini sudah dilengkapi panoramic sunroof dan interior dibalut warna merah, untuk varian GT-Line lingkar kemudi model flat bottom. Kia K5 terbaru mengalami peningkatan untuk beberapa fitur di interior, seperti wadah wireless charging dilengkapi pendingin supaya smartphone tidak mudah panas saat melakukan pengisian ulang baterai.

Untuk bagian headunit sudah memakai fitur Android Auto dan Apple CarPlay, tersambung dengan sistem audio lansiran Bose dengan 12 speaker. Kia K5 ini memiliki fitur untuk menyalakan mesin dari jauh, dan saat mesin ini menyala AC mobil juga ikut menyala guna mendinginkan kabin.

Selain itu, seperti Grand Sedona yang memiliki fitur Smart Tailgate, sedan ini juga menerapkan fitur bagasi cerdas ini Sob.

Bicara soal performa, Kia K5 ini bermesin 1.600 cc, 4 silinder Turbo Smartstream G dengan teknologi Continuously Variable Valve Duration (CVVD), yang dapat menghasilkan tenaga sekitar 180 dk dan torsi 264 Nm. Tenaga tersebut disambung ke transmisi otomatis delapan percepatan, dan disalurkan ke roda depan (FWD) atau semua roda (AWD).

Selain itu, untuk varian GT-Line dikabarkan akan bermesin 2.500 cc turbo yang menghasilkan tenaga 290 dk dan torsi 422 Nm, bertransmisi kopling ganda delapan percepatan dan penggerak roda depan. Akselerasinya diklaim 0-100 kpj tuntas dalam 5,8 detik saja.

Baca Juga : All New Kia Sorento, Punya Teknologi Turbo "Smartstream"

Untuk fitur keselamatan, Kia K5 sudah memiliki autonomous braking, driver attention monitor, lane keep assist, dan rear occupant alert. Fitur lainnya seperti rem otomatis untuk peseda dan pejalan kaki. Selain itu terdapat blind spot monitoring dan adaptive cruise control yang terkoneksi dengan sistem navigasi.

Kia K5 ini akan mulai di jual di Amerika Serikat mulai musim panas ini, dan akan hadir dalam empat varian yaitu mulai dari LX, LXS, GT-Line dan EX. Bicara soal harga pihak Kia belum menyinggung nih Sob, jadi kita tunggu saja hingga peluncurannya!