POPULAR STORIES

Kia Seltos Diganjar 5 Bintang Oleh ANCAP

Kia Seltos Diganjar 5 Bintang Oleh ANCAP

KabarOto.com – Kia Seltos baru saja diperkenalkan untuk pasar Indonesia pada bulan Januari lalu. Sport Utility Vehicle (SUV) dari merek Korea ini sendiri menawarkan tampilan cukup menarik dan segar ketimbang rival sekelasnya seperti Honda HR-V, Mazda CX-3 dan sebagainya.

Selain itu, Kia Seltos dibekali fitur keselamatan lengkap, sebut saja 6 buah Airbag, Struktur bodi Advanced High Strength Steel (AHSS) & Press Hot Stamping (PHS). Lalu Electronic Stability Control dan Hill Assist Control, Parking Assist, Anti lock Braking System, Brake force Assist, Smart Key hingga Traction Control System sudah jadi standar baginya.

Oleh karena itu tidak heran jika Seltos mendapat nilai positif ketika diuji tabrak oleh ANCAP (Australasian New Car Assessment Program), diganjar dengan 5 bintang. Penilaiannya sendiri sebagai berikut, perlindungan dewasa 85%, untuk penumpang anak-anak 83%, lalu keamanan bagi pengguna jalan lain 61%, dan fitur keamanan 70%.

Baca Juga : Alami Penyegaran, Tampilan Kia Picanto Makin Sporty

Pengetesan pun dilakukan sesuai standar yang ada. Yakni bagian tabrak depan dengan kecepatan 50 kpj dan 64 kpj, hasilnya airbag Seltos berhasil bekerja dengan baik dan sabuk pengaman mampu memegang tubuh secara sempurna agar tidak terdorong ke depan. Selain itu bentuk joknya pun dapat penopang leher agar tidak terjadi cedera fatal.

Hasil serupa juga dilakukan pada sisi samping, disimulasikan pada 2 keadaan di mana bagian samping ditabrak kendaraan lain pada kecepatan 50 kpj, dan mobil menabrak tiang atau pohon pada kecepatan 32 kpj. Fitur airbag bekerja baik sehingga tubuh dan kepala terlindungi dari pecahan kaca dan benturan, sehingga meminimalisir potensi cedera.

Baca Juga : Kia Lakukan Penyegaran Tampilan Rio

Tidak ketinggalan juga fitur keselamatan seperti sistem pembantu pengereman, dan lane departure warning turut dites. Keduanya mampu berfungsi secara baik, dimana mengurangi kecepatan ketika rem mendadak, serta memberi peringatan ketika mobil mulai keluar jalur.

Kia Seltos sendiri dijual dengan harga sekitar Rp 295 juta untuk tipe E paling standar, dan Rp 355 juta tipe EX+ tertingginya.