Kia Sorento 2021, Tampil Lebih Ekspresif Dan Modern

Kia Sorento 2021, Tampil Lebih Ekspresif dan Modern

KabarOto.com – Kia kembali meluncurkan model teranyar Sorento sebagai salah satu mid-size SUV mereka, generasi keempat Sorento yang diberi kode MQ4 ini terlihat lebih ekspresif seperti pada model saudaranya antara lain Soul, Seltos, dan Telluride.

Secara visual, memiliki desain konservatif dan lebih modern bila dibandingkan dengan desain pada Sorento generasi kedua. Desain eksterior di bagian depan terdapat krom berbingkai yang terinspirasi dari Kia's Tiger Nose grille, pencahayaannya sudah menggunakan teknologi LED untuk visibilitas yang lebih baik di malam hari. Terdapat lekukan di fasia depan dengan garis di bagian samping serta sirip jendela belakang unik yang terinspirasi dari model ProCeed.

Tampilan belakangnya semakin gagah seperti Range Rover Sport dengan pilar belakang yang diadopsi dari Sorento generasi sebelumnya, panel diffuser berukuran besar dan spoiler di bagian belakang.

Baca juga: Hadir dalam 3 Varian, Harga Kia Seltos Mulai dari Rp 295 Juta

Selain eksterior, penyempurnaan juga dilakukan di bagian interior mengikuti model Telluride yang diyakini akan memiliki banyak teknologi terbaru. Duduk di kursi baris depan dan kedua semakin dimanjakan dengan kursi berfitur pemanas dan ventilasi serta layar infotainment berukuran besar dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay sebagai standar.

Sementara di baris ketiga, penumpang akan mendapatkan legroom yang lebih besar memastikan ruang penumpang belakang yang lebih lega dan nyaman, serta 2 buah port USB untuk mengisi daya ponsel mereka saat berada di perjalanan. Teknologi lain untuk model terbaru Kia Sorento adalah multi-Bluetooth wireless connectivity, head-up display, dan wireless charging.

Demi menjaga pengendalian yang aman, Kia Sorento hadir dengan beberapa fitur bantuan pengemudi seperti smart cruise control dengan Stop & Go, lane-keep assist, cross-traffic alert, dan safe-exit assist (SEA) yang akan mencegah penumpang keluar dari kendaraan saat ada kendaraan lain yang akan melintas dari belakang.

Kia menawarkan 4 pilihan mesin, antara lain 4 silinder segaris GDI berkapasitas 2.400 cc, 4 silinder turbocharged berkapasitas 2.000 cc, diesel CRDI berkapasitas 2.200 cc, dan mesin hybrid 4 silinder berkapasitas 2.000 cc yang diadopsi dari mesin hybrid Hyundai Sonata terbaru.

Baca juga: Intip Nih! 8 Keunggulan Kia Seltos yang Bisa jadi Pilihan Kaum Milenial

Kia akan menghadirkan varian mesin tertinggi mereka dengan mesin V6 GDI berkapasitas 3.800 cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 291 dk dan torsi 355 Nm. Tenaga mesin tersebut ditransfer ke roda depan melalui transmisi otomatis 8 percepatan atau sistem all-wheel-drive (AWD) aktif dengan mode berkendara.

Generasi teranyar Kia Sorento akan bersaing dengan kompetitor SUV lainnya seperti Mazda CX-9, Jeep Grand Cherokee, Ford Explorer, Skoda Kodiaq, Dodge Durango, GMC Acadia, Nissan Murano, Toyota Highlander, dan Hyundai Santa Fe.

Sayangnya, Kia belum memberikan harga resmi untuk generasi teranyar Kia Sorento ini. Kabarnya, penjualan model baru Kia Sorento ini akan dimulai awal tahun 2020, Kia juga belum memberikan informasi pejualannya untuk pasar Indonesia yang pasti kehadiran Sorento di pasar otomotif Indonesia sangat menarik untuk ditunggu. (Nora Dian Pratama)