POPULAR STORIES

Kia Sportage Berisiko Terbakar Gara-gara Hal Sepele

Kia Sportage Berisiko Terbakar Gara-gara Hal Sepele Dok : KabarOto

KabarOto.com – Belum lama setelah peluncurannya, Kia Sportage sudah harus ditarik kembali dari peredaran di Amerika Serikat, karena ada risiko bisa terbakar.

Penyebabnya cukup sederhana, Menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), Sportage mengalami mur alternator aki yang longgar, hal ini menyebabkan mobil mogok tiba-tiba saat mengemudi atau lebih buruk lagi, menyebabkan konsleting listrik hingga kebakaran.

Baca juga: Profil KIA Sportage Yang Melantai Di GIIAS 2022

Masalah tersebut bermula dari, mur mungkin tidak diputar dengan benar selama perakitan. "Jika mur terminal tidak diputar dengan benar, bisa kendur seiring waktu dan dapat menyebabkan mesin mati saat mengemudi. Dalam kasus terburuk adalah kebakaran,” ujar pernyataan itu.

Kia telat membuat sekitar 19.701 unit Sportage yang diproduksi antara 12 Januari dan 8 Agustus tahun lalu. Namun yang berpotensi terkena dampak hanya 1% dari populasi diperkirakan.

Baca juga: Kia Rilis Teaser Sportage X-Pro Untuk Kejuaraan Rebelle Rally 2022

Pihak pabrikan akan memberi imbauan kepada pemilik mobil pada 23 September, untuk membawa mobil mereka ke diler, agar dapat diperiksa. Jika perlu, bengkel akan mengencangkan mur terminal tanpa biaya kepada pemiliknya.