POPULAR STORIES

Profil KIA Sportage Yang Melantai Di GIIAS 2022

Profil KIA Sportage yang Melantai di GIIAS 2022 KIA Sportage di GIIAS 2022 (foto : Rizky/KabarOto)

KabarOto.com – PT Kreta Indo Artha (KIA) membawa lima model terbaru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, salah satunya Kia Sporta.

Setelah beberapa tahun absen, KIA Sportage akhirnya ditampilkan pada ajang GIIAS 2022.

Baca Juga : KIA Niro EV Dan EV6 GT-Line Kini Sudah Bisa Dipesan Di GIIAS 2022, Ini Perkiraan Harganya

Secara tampilan, kini KIA Sportage berubah drastis dengan desain kekinian yang sporty nan elegan. Grill depan kini hadir lebih besar dan dipadukan dengan aksen garis berwarna satin silver dan LED DRL berbentuk seperti bumerang. Lampu utama berteknologi LED proyektor dan lampu sein model garis yang juga sudah LED.

Bumper juga tampil sporty dengan paduan aksen bumerang berwarna satin silver yang mengelilingi lampu foglamp LED.

Pada bagian samping, terlihat Sportage terbaru tampil lebih panjang dan rendah. Aksen add-on body yang dilabur warna hitam gloss ini menyambung hingga ke bumper belakang. Adapun penggunaan warna satin silver berlanjut ke bagian bawah pintu dan window line.

Pelek menggunakan model multipalang berukuran 18 inci two-tone. Pelek ini dibalut ban Nexen Roadian GTX berukuran 235/60 R18.

Lanjut ke belakang, lampu belakang sudah full LED yang berbentuk seperti bumerang. Terlihat penggunaan spoiler terintegras dengan kaca yang cukup kecil. Pada bagian bumper, cukup sporty dengan kombinasi warna hitam gloss dengan add-on bodi berwarna satin silver.

Baca Juga : Melihat 3 Mobil Honda Racing Indonesia Di GIIAS 2022

Beralih ke interior, desain dasbor yang modern nan sporty ini sangat memanjakan pengemudi. Terlihat, layar instrumen kluster dan head unit memiliki ukuran yang sama yaitu 12,3 inci. Lingkar kemudi menggunakan model tiga palang dengan tombol pengaturan audio dan MID di sebelah kiri dan pengaturan adaptive cruise control di sebelah kanan.

Pada panel tengah terdapat head unit melengkung dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Head unit ini tersambung ke sistem audio premium dari Harman Kardon.

Lalu, terdapat tuas transmisi model knob putar yang dipadukan beberapa tombol seperti ventilasi pemanas dan pendingin baik untuk kursi dan setir, drive mode, sensor parkir, hill descent control, dan auto hold.

Di baris kedua, penumpang dimanjakan dengan ventilasi AC pada panel tengah serta USB type-c yang terletak disamping kursi depan. Untuk jok semua sudah dibalut kulit dengan kombinasi suede.

Baca Juga : Profil KIA Sorento HEV

Ruang bagasi Sportage memiliki kapasitas sekitar 591 liter saat kursi baris kedua tegak. Sementara, jika kursi baris kedua dilipat, kapasitasnya meningkat menjadi 1,780 liter. Soal dimensi, KIA Sportage memiliki panjang 4,660 mm, lebar 1,865 mm, dan tinggi 1,635 mm. Untuk jarak sumbu rodanya sekitar 2,755 mm, bobot kering 1,7 ton dan ground clearance sekitar 181 mm.

Sportage terbaru ini dibekali mesin empat silinder segaris Smartstream T-Gdi CVVD berkapasitas 1,598 cc. Mesinnya memiliki keluaran tenaga 180 dk di 5,500 rpm dengan torsi 265 Nm di 1,500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi kopling ganda 7 percepatan.

Soal fitur, mobil ini sudah dibekali paket fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang termasuk Smart Cruise Control (SCC), Lane Keep Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), dan Forward Collision-Avoidance Assist (FCA). Untuk pasar Indonesia, KIA Sportage kini hadir dalam satu varian saja yang dibanderol sekitar Rp 735 juta OTR Jabodetabek.